Data Mustahiq Zakat dan Muzakki Kota Tasik Penting untuk Baznas

59
RAPAT. Ketua Baznas Kota Tasikmalaya H Wawan S Nawawi MA memimpin rapat koordinasi bersama Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kelurahan, Selasa (28/5). (Fatkhur Rizqi/radartasikmalaya.com)

TASIK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi dengan lurah dan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Rumah Makan Sambel Hejo, Selasa (28/5).

Ketua Baznas Kota Tasikmalaya, H Wawan S Nawawi MA mengatakan, rapat koordinasi ini untuk efektivitas dalam pengumpulan zakat, infak, sedekah dan dana sosial lainnya di Unit Pengumpulan Zakat tingkat kelurahan dan kecamatan.

Termasuk pendataan para penerima supaya benar-benar tepat sasaran. “Sehingga bisa terbangun sinergi antara lurah, UPZ kelurahan dan kecamatan, MUI dan ketua RT/RW untuk mendata mustahiq zakat dan muzakki di wilayahnya masing-masing jelang Idul Fitri 1440 Hijriah,” paparnya.

Dengan pemetaan mustahiq zakat dan muzakki jelas dan baik, kata dia, akan lebih efektif dan dalam penyalurannya pun bisa benar-benar tepat sasaran.

“Jadi jelas siapa yang layak dan siapa yang terbagi dan belum terbagi bisa dilakukan dengan pendataan yang baik,” katanya.

Selain itu, kata dia, potensi zakat yang ada di kelurahan dapat dioptimalkan untuk dimanfaatkan dalam membantu yang kategori asnaf atau delapan golongan yang berhak mendapatkan zakat.

Kepala Divisi Program Baznas Kota Tasikmalaya, Drs H Tatang Setiawan menjelaskan, rapat ini sangat penting untuk optimalisasi potensi dan penyaluran zakat yang tepat sasaran.

“Dalam pengumpulan zakat ini pekerjaan bersama, antara umara dan ulama, sehingga harus bersama-sama dalam menyukseskannya,” tandasnya.(mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.