Baznas Programkan Satu Keluarga Satu Sarjana

141
0
SIMBOLIS. Komisioner Baznas Kabupaten Tasikmalaya KH Nurkholis Ahyad (kanan) menyerahkan bantuan pendidikan kepada Sarip Zaenal Aripin, Jumat (5/7). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya membuat terobosan dalam penyaluran dana zakat. Mereka meluncurkan program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS).

Kepala Divisi Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Baznas Kabupaten Tasikmalaya Yedi Budiana mengatakan, satu keluarga satu sarjana merupakan program di bidang pendidikan. “Kriteria penerima program ini tentunya masuk kategori fakir miskin,” ujarnya kepada Radar, Jumat (5/7).

Lanjut dia, program ini merupakan upaya meningkatkan kecerdasan dan kualitas masyarakat pendidikan. Selain itu, juga terdapat bantuan kepada siswa tidak mampu tetapi memiliki prestasi baik dengan harapan bisa melanjutkan sekolahnya sampai selesai.

Saat ini, kata dia, sudah terdapat dua orang yang dibiayai oleh Baznas melalui program satu keluarga satu sarjana. Mereka kuliah di STAI Tasikmalaya jurusan PAI dan satu lagi di UNPAD Bandung mengambil jurusan Farmasi. “Kebetulan yang kuliah di UNPAD ini mendapatkan beasiswa, namun tetap untuk kebutuhan sehari-harinya ditanggung secara penuh oleh Baznas,” katanya, menjelaskan.

Tambah dia, program pendidikan yang digelorakan Baznas sudah terdapat dua orang untuk di perguruan tinggi, beasiswa pendidikan 10 orang, bantuan pendidikan santri salafi lima orang dan paket sekolah 150 orang. “Dengan ini diharapkan lahir sarjana-sarjana yang mampu mengembangkan wilayah sebagai solusi pengurangan konsentrasi kemiskinan,” kata dia.

Komisioner Baznas Kabupaten Tasikmalaya KH Nurkholis Ahyad mengharapkan program ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya yang kurang mampu. “Ke depan diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat yang membayarkan zakatnya melalui Baznas, agar lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu,” harapnya.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.