Tahun Ini, Zakat dari Para Guru Baru Mencapai Rp 18 Juta

Baznas Siap Adopsi Sistem Zakat dari Selangor

15
0

GARUT KOTA – Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kabupaten Garut tahun depan akan menerapkan sistem pengumpulan zakat seperti di Selangor, Malaysia.

”Sistem ini akan kami terapkan di Garut, karena di Malaysia cukup berhasil,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Garut H Rd Aas Kosasih kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Komplek Islmic Center, Kecamatan Garut Kota, Senin (10/12).

Penerapan sistem pemungutan seperti di Selangor untuk memenuhi pencapaian target pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang sekarang dinilai masih belum tercapai.

”Tahun ini target dari ZIS ini Rp 5,2 miliar. Tetapi sampai akhir tahu baru terealisasi Rp 4,9 miliar. Jadi masih ada Rp 300 jutaan lagi yang belum terealisasi,” terangnya.

Dengan kondisi ini, kata dia, pihaknya akan meniru sistem pengumpulan zakat seperti di Selangor. Karena di negara ini setahun, bisa mengumpulkan zakat itu Rp 2,3 triliun.

”Mudah-mudahan tahun depan target zakat Rp 7,5 miliar bisa tercapai dengan sistem Selangor yang akan diterapkan ini,” katanya.

Aas berharap Pemkab Garut untuk mendukung program kerja yang akan dilaksanakan Baznas di tahun 2019. Karena program kerja yang akan dilaksanakannya ini butuh dukungan besar dari pemerintah.

”Di Selangor juga, peran serta pemerintahnya sangat kuat dan di sana itu unit pengumpul zakatnya sudah masuk sampai ke masjid-masjid kecil atau surau,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, kesadaran bayar zakat masyarakat di negara bagian itu sangat tinggi, sehingga pendapatan dari zakat ini sangat besar sekali.

”Kalau di Indonesia potensinya bisa mencapai Rp 200 triliun per tahun, tetapi yang terealisasi baru Rp 6,3 triliun,” terangnya.

Dengan mengadopsi sistem pengumpulan zakat di Selangor itu, kata dia, pihaknya akan berupaya pengumpulan zakat di kalangan para guru, karena sangat potensial sekali. ”Tahun ini zakat dari para guru baru Rp 18 juta. Sangat kecil, ” ujarnya.

Untuk itu, tambah dia, Baznas akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk memaksimalkan pengumpulan zakat dari para pendidik tersebut. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.