Baznas Siapkan Satu Juta Kupon Infak

289
0
HIMPUN DANA INFAK. Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd Aas Kosasih menunjukkan kupon infak yang akan disebar ke tiap kecamatan Senin (7/5). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)
Loading...

GARUT KOTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut menyiapkan satu juta eksemplar kupon infak untuk disebarkan ke 42 kecamatan.

“Di bulan Ramadan ini, Baznas akan meluncurkan kupon infak. Tujuannya untuk mengoptimalkan penghimpunan zakat,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd Aas Kosasih SAg MSi kepada wartawan Senin (7/5).

Dia menjelaskan bulan puasa merupakan momen untuk kebangkitan zakat, infak, sedekah dan kegiatan keagamaan lainnya. Baznas akan mengoptimalkan momen itu untuk mengumpulkan zakat dan infak sebanyak-banyaknya.

“Bulan puasa ini bulan penuh ampunan. Sehingga, banyak orang mau berbagi. Jadi kami manfaatkan bulan ini untuk meningkatkan pengumpulan zakat,” jelasnya.

Dia menerangkan pembagian kupon zakat dan infak merupakan program tahunan Baznas. Nominal kupon pengumpulan infak yang disebar tidak beda dengan tahun sebelumnya, yakni Rp 2.500 per kupon.

Loading...

Pengumpulannya tidak semua akan dikelola Baznas. Tapi dibagi dengan Unit Pengumpul Zakat, Infak dan Shadaqah (UPZIS) di tingkat kecamatan dan desa.

“Yang dikelola Baznas itu hanya Rp Rp 1.500. Sisanya itu UPZIS kecamatan dan desa,” terangnya.

Infak yang terkumpul, kata dia, akan digunakan untuk membiayai kegiatan masyarakat yang tidak ter-cover melalui zakat dan sedekah.

“Insya Allah, di pertengahan atau tanggal 20 Ramadan akan adanya gebyar santunan. Baik untuk santunan fakir miskin, atau santunan yang lainnya,” katanya.

Selain mengumpulkan infak, lanjut dia, pihaknya juga akan meminta semua perusahaan di Kabupaten Garut untuk menyalurkan zakat melalui Baznas.

“Kami berharap program yang akan dijalankan ini berjalan dengan lancar. Sehingga, masyarakat yang kurang mampu di Garut bisa terbantu ketika Lebaran nanti,” harapnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.