BB dari Pabrik Sumpit di Kota Tasik tempat Bikin Narkoba Dibawa ke Jakarta

145
0

KOTA TASIK – Sejumlah bahan baku dan alat produksi narkotika paracetamol, caffeine, carisoprodol (PCC) dari rumah tempat membuat narkoba berkedok pabrik sumpit, di Jalan Syech Abdul Muhyi, Kampung Awilega, Kelurahan Gunung Gede, Kecamatan Kawalu, Kota Tasik mulai dikirim ke Jakarta, Kamis (28/11).

Bahan baku dan alat produksi itu akan dijadikan barang bukti (BB) terkait kasus produksi dan peredaran narkotika yang diungkap Badan Narkotika Nasional (BNN) di Kota Tasik, Selasa (26/11) lalu.

Kepala BNN Kota Tasikmalaya, Tuteng Budiman mengatakan, barang bukti (BB) berupa pil PCC siap edar dan bahan bakunya dibawa ke kantor BNN Pusat di Jakarta.

Sementara sejumlah mesin produksi akan dibawa ke rumah penitipan barang sitaan (Rumpasan) di Bandung.

“Kita bawa barang bukti berupa pil dan bahan baku dan angkut mesin hari ini (Kamis 28/11) semuanya,” katanya kepada radartasikmalaya.com di lokasi pabrik sumpit yang dijadikan pabrik pil PCC.

Pihaknya masih menjaga lokasi bersama aparat Kepolisian Polres Tasikmalaya Kota.

Loading...

Berdasarkan pantauan radartasikmalaya.com, sejumlah bahan baku dan pil PCC siap edar itu diangkut menggunakan sebuah truk.

Berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan BNN, ada sekitar 300 ribu pil PCC siap edar dan bahan baku yang bisa memroduksi dalam jumlah yang sama.

Dalam beberapa bahan baku kimia itu juga terdapat tulisan “Made in China” di karungnya, yang menandakan barang itu didapatkan dari luar negeri.

Sementara itu terdapat beberapa alat produksi yang diamankan, antara lain mesin cetak obat, mesin mixing, alat oven, alat press dan packing, dan kompresor. BNN juga menyita beberapa label dan plastik untuk mengemas pil PCC.

“Kalau ini sudah selesai, lokasi juga akan disterilkan dan dikembalikan ke pemilik lahan. Sementara mesin pembuatan sumpit akan dibiarkan dan tidak dibawa karena tidak ada kaitannya dengan produksi narkotika. Itu hanya kamuflase,” jelas Tuteng.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.