Liverpool vs Munchen

BEBAN di tangan ALISSON BECKER

49
Alisson Becker

LIVERPOOL – Liverpool akan menjamu Bayern Munchen di leg pertama babak 16 besar Liga Champions dengan benteng yang keropos. Situasi itu mengkhawatirkan, mengingat lini serang tim tamu sedang onfire.

Virgil van Dijk harus absen di Anfield Stadium dini hari nanti setelah mendapatkan tiga kartu kuning di babak penyisihan grup. Pada saat bersamaan, Joe Gomez dan Dejan Lovren juga masih cedera.

Tanpa Van Dijk, Gomez dan Lovren, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, kemungkinan besar terpaksa harus kembali memainkan gelandang bertahan, Fabinho, di sektor belakang. Ia akan bermain bersama Joel Matip.

Kendati ini bukan kali pertama Fabinho akan bermain sebagai bek, Liverpool yang memiliki rekor pertahanan terbaik di Premier League musim ini dengan hanya kebobolan 15 gol dalam 26 pertandingan, jelas harus waspada. Beban terbesar akan ada di pundak kiper, Alisson Becker.

Becker yang kebobolan tujuh gol di penyisihan grup dituntut untuk lebih sigap di bawah mistar. Ancaman terbesar yang mesti ia tangkal adalah bomber tajam Bayern, Robert Lewandowski.

Penyerang sekaligus kapten Tim Nasional Polandia itu sejauh ini merupakan top skor Liga Champions musim 2018/2019. Pada enam laga fase grup, ia total melesakkan delapan gol. Lebih banyak dari kombinasi tiga penyerang Liverpool. Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane hanya mencetak total tujuh gol.

Selain itu, barisan penyerangan tim tamu juga memang tengah tajam-tajamnya. Pada tiga pertandingan terakhir kontra Augsburg, Schalke 04 dan Hertha Berlin, anak asuh Niko Kovac selalu mencetak tiga gol.

Namun, Alisson yang mencatatkan 16 clean sheet di Premier League, merasa The Reds cukup siap secara taktik untuk siapa pun pemain yang dipilih. “Semua bek telah bermain, sehingga ketika seseorang masuk dan satu pergi, kami tidak merasakan kehilangan,” katanya kepada Premier League Productions.

Alisson juga sangat percaya Klopp yang akan bertemu musuh lamanya bisa mengatasi masalah ini. “Kami tahu mereka tim yang sangat bagus, kuat. Jurgen tahu lebih banyak tentang tim itu daripada siapa pun,” tegasnya.

Klopp memang hafal di luar kepala kekuatan Bayern. Sayangnya, rekor pertemuan Klopp dengan Bayern tidak bisa dibilang baik. Ia kalah 16 kali dan hanya menang sembilan kali.

“Kita harus mengakui itu karena itu fakta. Saya benar-benar menantikan laga ini. Ini akan menjadi suasana yang fantastis,” tegas Klopp di situs resmi Liverpool.

Meski mendapat respek tinggi, Bayern yang kehilangan Thomas Muller akibat sanksi tak mau besar kepala. Pelatih Niko Kovac menegaskan harus bermain bagus untuk bisa mengalahkan Liverpool. “Ketika Anda bermain di sana, ada fokus yang berbeda,” kata Kovac di situs Bayern.

Kedua raksasa ini sebelumnya sudah bertemu lima kali di kompetisi Eropa. Hanya saja, mereka sudah tidak pernah berduel dalam hampir dua dekade terakhir. Mereka berhadapan terakhir kali di Eropa pada Piala Super UEFA, 2001 di Monako yang dimenangkan Liverpool dengan skor 3-2. (amr/ian/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.