Begini Cara BNNK Wujudkan SMPN 1 Ciamis Bersinar

6
Siswa-siswi SMPN 1 Kabupaten Ciamis tampak sedang menyimak sosialisasi dari BNNK Ciamis.

CIAMIS – Tindak lanjut dari MoU antara SMPN 1 Ciamis dengan BNNK Ciamis, maka digelarlah kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba, kepada siswa-siswi, (4/11/18), bertempat di Aula SMPN 1 Ciamis.

Menurut Dr. Agus Sumantri, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Ciamis, kegiatan sosialisasi merupakan action dari kesepakatan kerjasama yang beberapa waktu lalu telah ditandatangani.

Sebanyak 560 orang pelajar kelas VIII dan Kelas IX mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahun, bertepatan dengan penerimaan siswa baru.

Permasalahan narkoba kata dia, merupakan tanggung jawab semua pihak untuk menanggulanginya.

“Untuk itulah kami melaksanakan kegiatan ini untuk berupaya dalam melindungi anak didik kami, khususnya supaya tidak terjerumus kedalam permasalahan narkoba,” katanya.

Siswa didik tak hanya dibekali dengan ilmu pelajaran yang sudah ada, juga diberikan pengetahuan dan informasi yang berguna lainnya, seperti masalah narkoba.

“Pengetahuan narkoba bisa diintegrasikan dengan pelajaran lain. Yang intinya melakukan pencegahan dini kepada siswa,” pungkas Agus.

Menurut Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, S.H., dalam menangani permasalahan narkoba, salah satu point pentingnya yaitu melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Siswa-siswi ini bisa menjadi penggiat, relawan di lingkungannya baik di sekolah ataupun dimana mereka berada.

“Ini agar siswa mampu mengajak kepada yang lainnya untuk menginformasikan kembali ilmu yang didapat dari kegiatan ini. Serta mampu memberikan pemahaman dan ajakan untuk menolak narkoba,” ujarnya.

Kata Yaya, narkoba tidak memandang usia, mulai dari dalam kandungan sampai orang tua bisa terkena narkoba. “Itulah jahatnya narkoba,” tegas Yaya.

Di usia sekolah ini, lanjut dia, para siswa sangatlah potensial terpapar narkoba. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Semoga dengan digelarnya sosialisasi ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya di wilayah Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan Lingkungan Sekolah BERSINAR (Bersih Dari Narkoba),” pungkas Yaya. (rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.