Begini Cara Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga Kota Tasik, Nakes Duluan..

67
0
Radartasikmalaya
Salah seorang relawan sedang mensimulasikan vaksinasi vaksin Covid-19 di Puskesmas Kersanagara, Jumat (08/01) siang. rezza rizaldi / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Para penerima vaksin Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang diutamakan untuk tenaga kesehatan (nakes), mulai mendapatkan pemahaman simulasi.

Simulasi vaksinasi ini mulai dilakukan di Puskesmas Kersanegara, Kecamatan Cibeureum, Jumat (08/01) siang.

Belasan nakes perwakilan fasilitas kesehatan (faskes) yang akan dijadikan lokasi vaksinasi mengikuti sosialisasi ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik, Asep Hendra Hendriana mengatakan, simulasi ini kaitannya dengan vaksinasi Covid yang akan dilakukan di Kota Tasik.

“Diharapkan dengan simulasi ini bisa memberikan gambaran kepada teman-teman yang bertugas difasilitas kesehatan (Faskes) pemberi vaksin agar tak gamang dan tak gagap serta tak grogi,” katanya kepada radartasikmalaya.com.

“Karena kita sudah mencoba me-roleplay-kan. Sehingga pas pelaksaan vaksinasi di tempat Faskes lancar dan tak ada hambatan,” sambungnya.

Terang dia, pihaknya sudah menyiapkan 22 puskesmas, 1 RSUD dr Soeksrdjo dan 3 klinik (Polisi dan TNI). Total 26 Faskes, untuk tempat penyuntikan vaksin Covid di Kota Tasik.

“Yang disimulasikan ini untuk para nakes perwakilan seluruh puskesmas. Jadi dimulai dari meja pendaftaran, screening, penyuntikan dan observasi,” terangnya.

Nanti, tambah dia, tahapan vaksinasi tersebut seperti itu. Pihaknya akan melibatkan para nakes ini agar mereka paham betul ketika melaksanakan vaksinasi.

“Kita lakukan selama 2 hari simulasi ini. Hari ini 11 puskesmas dan besok 11 puskesmas lagi serta nakes di faskes lainnya,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.