Begini Hari Pertama Asia Plaza Kota Tasik Buka Lagi

6739
2
BELANJA. Pengunjung berbelanja kebutuhan sehari-hari di hari pertama Plaza Asia buka secara penuh Senin (13/4). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

Meski Plaza Asia sudah buka kembali secara normal, namun efek pandemi Covid-19 masih disikapi waspada oleh sebagian besar warga Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Pengunjung yang datang masih tergolong sepi di banding hari-hari normal.

Rangga Jatnika, Kota Tasik

Sejak mall terbesar di Priangan timur itu mulai buka jam 09.00 pagi, sejumlah warga memang sudah standby di halaman parkir. Sasaran mereka, yakni supermarket diikuti pengunjung-pengunjung lain yang baru datang.

Baca juga : Kasus Taksi Online yang Dirusak & Dibakar Warga Sariwangi Tasik, Begini Kata Polisi

Di masa pandemi ini, para pengunjung tidak bisa seenaknya masuk ke dalam mall. Mereka harus mencuci tangan di wastafel yang disediakan di setiap pintu masuk mall.

Selain itu, petugas keamanan pun melakukan pendeteksian suhu bagi setiap pengunjung tanpa terkecuali. Tidak ada yang mencurigakan, namun jika memang suhu badannya melebihi 36,5 diperkenankan untuk pulang dan istirahat.

Dari para pengunjung, secara keseluruhan sudah sadar menggunakan masker. Namun ada saja beberapa di antara mereka yang tidak memasangnya dengan benar, hanya dikalungkan di leher. Alhasil mereka ditegur oleh petugas supaya membetulkan pemasangan maskernya.Tenant- di mall tersebut memang mayoritas sudah kembali buka, dari mulai toko elektronik, aksesoris, fashion sampai foodcourt.

Akan tetapi hanya sebagian kecil pengunjung yang datang, itu pun kebanyakan hanya melihat-lihat. Mayoritas pengunjung tetap berbelanja di kawasan supermarket. Mereka tidak menumpuk di area sembako, namun tersebar lebih merata ke area lainnya.

Mengingat perlu diterapkannya physical distancing, para konsumen yang mengantre di kasir pun diharuskan menjaga jarak sekitar satu meter.

Salah satu konsumen yakni Popi Puspita (30), asal Kawalu mengaku berbelanja ke supermarket bukan akibat Plaza Asia buka kembali secara normal. Karena sebelumnya pun dia tetap melakukan aktivitas belanja untuk kebutuhan sehari-hari. “Kalau supermarket kan sebelumnya memang tetap buka,” katanya.

Alasannya berani berbelanja di tengah pandemi Covid-19 ini, diakuinya memang cukup mengkhawatirkan. Akan tetapi, dirinya yang berstatus sebagai ibu rumah tangga optimis, selama menjaga diri dan menerapkan anjuran pemerintah, dia akan tetap sehat. “Kalau kita pakai masker terus rajin cuci tangan kan Insyaallah aman,” ujarnya.

Pengunjung lain, Bambang Setiabudi (42), warga Cipedes mengaku baru kembali belanja sejak physical distancing. Selain menghindari aktivitas di luar, persediaan kebutuhan sehari-hari pun sebelumnya masih aman. “Jadi memang karena sudah waktunya belanja, bukan karena Plaza Asia buka seperti biasa lagi,” katanya.

Retail Ana Operational Officer Plaza Asia Dicky Suteja mengatakan bahwa tingkat kunjungan masih belum mengalami peningkatan yang signifikan. Di hari pertama buka kembali, pengunjung masih kurang dari seribu. “Belum sampai setengahnya di banding waktu normal,” terangnya.Menurutnya, kemungkinan karena masyarakat sadar jika beramai-ramai belanja malah akan berisiko. Sehingga wajar jika tingkat kunjungan belum ada perubahan signifikan dari sebelumnya. “Apalagi sekarang kita fasilitasi pesan online untuk pelanggan, jadi mereka bisa belanja tanpa harus datang ke sini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Manager Marketing Plaza Asia Lucy Sosilawaty menjelaskan sejak darurat wabah virus corona Plaza Asia menutup sebagian operasionalnya terhitung 30 Maret 2020. Namun area supermarket tetap buka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan, pihaknya menerapkan belanja online di area supermarket tersebut.

“Setelah tutup hampir dua minggu, kita akan membuka operasional secara penuh hari ini (13/4). Kita sudah mendapatkan izin dari pemerintah,” ungkapnya kepada Radar, belum lama ini.

Dengan membuka kembali operasional secara penuh, ia berharap ekonomi kembali berdenyut dan pulih terlebih jelang bulan Ramadan. “Ada ribuan orang yang bekerja di lingkungan Plaza Asia. Khusus karyawan Asia mereka tetap mendapatkan haknya secara penuh (gaji, Red) walaupun kemarin tutup selama dua minggu,” katanya.

Lucy mengatakan Plaza Asia tetap berkomitmen untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan menerapkan physical distancing di mall. “Pengunjung yang masuk kita tes suhu badannya dan diberi hand sanitizer untuk memastikan tangannya steril,” katanya.

Baca juga : Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tasik Bantu Warga Desa Atasi Covid-19

Pengunjung Plaza Asia juga diwajibkan memakai masker dan menerapkan physical distancing selama berbelanja. Antrean di kasir pun dibuat berjarak. “Kami pun menghimbau pengunjung untuk tidak membawa anak kecil ketika belanja di Plaza Asia pada kondisi saat ini,” katanya.

Pihaknya juga menyediakan hand sanitizer di berbagai sudut mall, ada juga wastafel untuk mencuci tangan dan tisu untuk memencet tombol lift. (rga)

Loading...
loading...

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.