Begini Persiapan Teknis KPU Kabupaten Tasik Jelang Pencoblosan 9 Desember

77
0
SOSIALISASI. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya memberikan sosialisasi kepada PPK terkait teknis pemilihan di TPS, Senin (30/11).
Loading...

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya memberikan sosialisasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara di TPS sesuai protokol kesehatan, di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI), Senin (30/11).

Pemahaman yang disampaikan lebih kepada teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Nantinya akan dilaksanakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesuai protokol kesehatan.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin SAg mengatakan, dalam bimbingan teknis bersama PPK ini, KPU menitik beratkan kepada teknis pemungutan dan penghitungan suara di TPS nantinya.

Baca juga : 7 Tersangka Pembunuh Mantan Kadis Binamarga Ciamis Ditahan Polisi Tasik

“Teknis pelaksanaannya harus sesuai protokol kesehatan yang sudah ditentukan, baik itu kedatangan pemilih melalui surat undangan pemberitahuan harus tertib, mengingatkan pemilih membawa alat tulis, pakai masker juga nanti mentaati protokol kesehatan, baik diperiksa suhu tubuh, pakai sarung tangan dan tidak berkerumun,” terang Jajang kepada Radar di Gedung MUI.

Loading...

Kemudian, lanjut dia, pemahaman teknis yang disampaikan ke PPK ini harus kembali disampaikan kepada KPPS dan PPS yang melaksanakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara agar sesuai protokol kesehatan.

“Maka dari itu, baik teknis dan cara atau solusi ketika nanti pelaksanaan pemungutan terjadi kendala atau masalah, di sini dibahas bagaimana cara meminimalisirnya. Baik itu pemilih yang tidak membawa masker, kita berikan masker atau lupa bawa alat tulis kita sediakan alat tulis. Termasuk permasalahan lainnya kita bahas untuk penanganannya,” kata dia.

Dia menambahkan, bimtek terhadap PPK ini sangat penting agar ketika pelaksanaan pencoblosan 9 Desember berjalan matang tidak terkesan dipersiapkan asal-asalan. Apalagi yang paling penting ada surat undangan atau C-6 kepada masyarakat harus tersampaikan agar datang ke TPS tepat waktu.

Yang jelas, tambah dia, perlengkapan alat pelindung diri (APD) dan perlengkapan protokol kesehatan di TPS nanti sudah dipersiapkan oleh KPU. Baik itu sarung tangan, alat pengukur suhu, ruang khusus yang mengalami gejala tinggi, disinfektan dan perlengkapan kesehatan lainnya.

“Kita jamin semua kebutuhan peralatan protokol kesehatan lengkap dan mudah-mudahan KPU bersama PPK, KPPS dan PPS bisa mencari solusi ketika terjadi permasalahan di lapangan. Tanpa menggangu jalannya tahapan pemungutan dan perhitungan suara,” tambah da.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP menambahkan, pada intinya KPU menjamin pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai protokol kesehatan.

“Maka kami berikan pemahaman dan teknis lebih mendalam kepada para PPK untuk disampaikan ke KPPS dan PPS yang bertugas nanti di TPS. Sehingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sesuai protokol kesehatan,” papar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.