Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Begini Salat Jumat di Mesjid Agung Kota saat New Normal

242
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya telah menerapkan tatanan New Normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tempat ibadah hingga berjalan lancar.

Pelaksanaan salat Jumat (05/06) pun dilakukannya dengan menerapkan protokol kesehatan dan para jemaah wajib memakai masker.

Ketua Harian DKM Masjid Agung Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi mengatakan, selama ini Masjid Agung masih tetap melaksanakan salat Jumat dan salat wajib lainnya dengan penerapan protokol kesehatan terutama pada fase new normal sudah diterapkan secara baik.

Namun, beberapa fasilitas telah disediakan mulai dari bilik sterilisasi, pendeteksi suhu dan cuci tangan.

“Selama pandemi Covid-19, DKM tidak lagi menggelar karpet sajadah, melainkan jamaah diminta membawa sajadah masing-masing dan harus jaga jarak antarjamaah ketika solat juga telah ditandai tanda merah supaya tidak terlalu dekat,” katanya kepada wartawan.

“Akan tetapi, jamaah yang hendak masuk ke dalam Masjid Agung Tasikmalaya harus melalui melalui bilik menyemprotkan cairan antiseptik, menyiapkan tiga peralatan pendeteksi suhu dan mengenakan masker,” sambungnya.

Aminudin menerangkan, kegiatan yang selama ini mengundang orang banyak itu menerapkan protokol kesehatan maksimal dan sebelum masuk, jamaah mesti melewati bilik sterilisasi hingga jarak antarjamaah juga telah ditandai agar tak terlalu rapat.

Kesadaran jamaah pada umumnya, telah terbangun dan terlihat dengan banyaknya jamaah yang mengenakan masker.

“Dibukanya kembali sarana ibadah tentunya untuk masyarakat guna menjalankan solat berjamaah lima waktu dan solat Jumat lain,” ujarnya.

“Karena, pada masa pandemi Covid-19 supaya virus yang terjadi di Indonesia dan maupun di dunia bisa secepatnya hilang di muka bumi ini dengan harapan seluruh masyarakat supaya menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, seorang jemaah Adi Kristiadi, 39, warga Kecamatan Tawang, Kota Tasik menuturkan, pihaknya menyambut baik telah dibukanya kembali solat Jumat berjamaah di mesjid agung Tasikmalaya dan sebelumnya hanya memang dilakukan solat duhur dengan jumlah 4 rakaat.

Namun, dengan dibukanya itu membuat solat Jumat merasa tenang karena protokol kesehatan diterapkan.

“Kami berharap agar pengurus DKM Mesjid Agung Tasikmalaya juga harus memberikan pengumuman kepada para jamaah terutama memakai masker,” ungkapnya.

“Karena, selama ini masih adanya yang belum memakai masker selama menjalankan ibadaah tapi untuk protokol lain sudah sesuai dengan anjuran pemerintah,” harapnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.