Begini tips Memilih Ban Mobil yang Baik

43
1
Loading...

Ban merupakan elemen penting pada sebuah mobil. Seiring lamanya pemakaian, ban akan mengalami penurunan daya cengkram.

Sesuai anjuran pabrikan, ban mobil wajib diganti ketika tiga tahun atau lebih dari 40 ribu km.

Ketika pengguna melakukan penggantian ban, disarankan untuk mengikuti cara yang aman dan jangan mengubah spesifikasi ban yang sudah ditentukan.

Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi mengatakan, umumnya pengendara mencari ban mobil dengan kualitas baik, aman, nyaman, dan memiliki value for money.

“Yang seperti apa sih ban yang baik? Adalah ban yang tidak berubah performanya ketika masih baru sampai mendekati habis masa pakai. Sehingga meski kondisi hujan, laju pengereman tidak berkurang,” ujar Fachrul dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/11).

loading...

Kemudian, Facjrul mengimbau kepada pengguna agar tidak mengubah spesifikasi atau tipe ban yang telah diberikan oleh pabrikan mobil.

Menurutnya, banyak pengendara sengaja mengubah atau memodifikasi ban dengan memperkecil atau menipiskan tanpa menyadari risiko keselamatan yang ditimbulkan.

“Jangan pernah mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil karena menyalahi aturan pabrikan terkait load index dan speed index dan bisa membahayakan keselamatan berkendara,” kata Rozi.

Jika perlu mengubah spesifikasi ban, dia menyarankan mengganti dengan ukuran atau load index yang lebih tinggi.

Namun dengan risiko traksi menjadi lebih berat sehingga membutuhkan upaya lebih besar ketika harus berbelok atau menggerakkan ban. (ddy/jpnn)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.