Begini Tips Ridwan Kamil Hindari Demam Berdarah

29
0
Loading...

BANDUNG – Merebaknya wabah demam berdarah dengue(DBD) pada sejumlah wilayah di Jawa Barat, membuat Gubernur Ridwan Kamil langsung berkoordinasi dengan bupati/walikota untuk cepat tanggap.

“Saya hubungi tiap kepala daerah tingkat II, karena penanganannya bersifat teknis di lapangan. Tapi di Bekasi, Depok dan Bogor tetap kita monitor,” ujarnya.

Bahkan, secara pribadi dia sudah mengimbau kepada warga Jawa Barat melalui akun Instagram untuk tetap waspada dan memberikan tips agar terhindar dari sengatan nyamuk.

Pertama, jangan malas membuang sampah, tanam tanaman pengusir nyamuk, cek tempat genangan air (bak mandi, bak kontrol, tempat penampungan air dan lain-lain). “Kalau perlu meminta Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan foging,” ucapnya.

Intinya, dia menjelaskan lagi, menjaga lingkungan sekitar akan lebih baik. Kalau perlu, RT atau RW segera mengumpulkan warganya untuk melakukan bersih-bersih kampung sebelum terjadinya banyak korban. “Itung-itungolahraga bareng, ajak warga lainnya untuk kerja bakti,” jelasnya.

Jika memang ada warga yang sudah demam, pihaknya meminta untuk segera menghubungi puskesmas terdekat sehingga mendapat penanganan medis secara tepat dan cepat. “Jangan tunggu lama, kalau ada anggota keluarga yang demam segara ke dokter,” ungkapnya.

Meski sudah ada korban di beberapa daerah, ditegaskan oleh RIdwan Kamil bahwa Jawa Barat belum termasuk KLB (kejadian luar biasa) demam berdarah. “Belum dan jangan sampai. Makanya kita tetap memonitornya,” pungkasnya. (jun)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.