Belajar Al Qur’an Mudah dengan Metode Yusro di Ponpes Al Qalam Kota Tasik

36
0
KARYA. Pimpinan Pesantren Al Qalam Kota Tasikmalaya Ustadz H I M Ulum A Wahab menunjukkan buku metode Yusro untuk belajar membaca Al Qur’an secara cepat, Selasa (22/12). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Pesantren Al Qalam Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Indonesia Approach Education (IAE) melaksanakan Diklat Pembelajaran Al Qur’an Metode Yusro secara virtual, Selasa (22/12).

Diklat yang diikuti 252 peserta tersebut menghadirkan narasumber Dosen Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Ustaz H IM Ulum A Wahab dan Pakar Literasi Anak Usia Dini – UPI Bandung Dr H Mugair Agustin MPd.

Pimpinan Pesantren Al Qalam Kota Tasikmalaya Ustadz H I M Ulum A Wahab mengatakan, dalam model belajar Al Qur’an banyak jenisnya, satu di antaranya metode Yusro. Tujuannya mempermudah guru atau orang tua mengajarkan anak belajar Al Qur’an.

Baca juga : Dinsos Kabupaten Tasik Serahkan Roda untuk Disabilitas

“Yusro berarti mudah, sehingga membantu anak supaya mudah belajar Al Qur’an, karena memberikan contoh-contoh konkret yang dekat dengan kehidupan anak dan mempunyai level setiap buku bacaannya,” katanya kepada Radar, Selasa (22/12).

Keunggulannya, sambung Ustadz Ulum yang juga penulis metode Yusro ini, bisa memberikan infrastruktur yang tepat dan mudah bagi anak untuk belajar Al Qur’an. Dengan begitu bisa merangsang anak memiliki semangat belajar Al Qur’an yang tinggi.

“Metode Yusro sangat tepat digunakan oleh guru PAUD/TK sederajat atau orang tua yang memiliki anak usia dini sehingga bisa diajak belajar Al Qur’an yang menyenangkan, isinya riil dan kontekstual. Karena dengan metode ini anak bisa mahir membaca Al Qur’an selama 31,5 jam saja,” ujarnya.

Selanjutnya, ada juga program pembelajaran online di Zoom meeting ada kajian bahasa Al-Qur’an ditinjau dari sintaksis, morfologi, filologi, dan semantik. Serta mengajarkan tafsir pendidikan.

Pakar Literasi Anak Usia Dini – UPI Bandung Dr H Mugair Agustin MPd dalam diklat tersebut menjelaskan perlunya bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan lancar, tentunya setiap muslim harus mengetahui dari dasar terlebih dahulu. Mulai dari mengenal huruf hijaiyah hingga mengenal tanda baca.

“Itu ada di metode Yusro untuk membaca Al Qur’an secara cepat di usia dini. Sehingga bisa menjadi solusi di masyarakat, terlebih masih banyak remaja yang belum lancar baca Al Qur’an,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.