Belajar Bahasa Arab Langsung dari Ahlinya

47
0

TASIK – Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya menggelar seminar Having Arabic and English to Have Better Future Kamis (8/8). Seminar ini bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Bahasa yang berlangsung sejak 25 Juli hingga 25 Agustus.

Seminar ini diikuti 184 mahasiswa IAILM Suryalaya dengan fokus peningkatan penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Sebanyak 85 peserta belajar bahasa Arab dan 99 orang peserta bahasa Inggris.

Kepala Pusat Bahasa IAILM Suryalaya Agus Samsul Bassar M MPd mengatakan, bahasa Inggris dan bahasa Arab perlu dikuasai oleh seluruh mahasiswa. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa dunia dan alat komunikasi global, sedangkan bahasa Arab merupakan bahasa untuk mendalami sumber ajaran Islam.

“Penguasaan kedua bahasa tersebut akan meningkatkan kualitas mahasiswa,” katanya kepada Radar, Kamis (8/8).

Bulan Bahasa 2019 diisi dengan kuliah bahasa dan praktik bahasa. Bahkan, IAILM Suryalaya mendatangkan narasumber native speaker Dr Yusuf Ali Atha, ia seorang Doktor dari Yaman. “Selain mengajarkan bahasa Arab, Dr Yusuf juga menjelaskan tentang sejarah bahasa Arab dan kiat-kiat menguasai bahasa Arab secara baik dan benar bagi para penutur non Arab,” katanya.

Lanjutnya, Pusat Bahasa IAILM Suryalaya setiap tahunnya rutin memberikan pelatihan dan pembinaan kepada mahasiswa untuk mendorong mahasiswa mahir berbahasa asing.

“Melalui program Bulan Bahasa mahasiswa bisa belajar lebih dalam mengenai bahasa asing bahkan mendengar langsung bahasa Inggris dan Arab dari penutur aslinya,” katanya. Hal ini diharapkan menjadi motivasi bagi para mahasiswa untuk lebih giat mempelajari bahasa Inggris dan Arab. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.