Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

Beli Jeruk Petik Sendiri di Agrowisata Cidolog Ciamis

228
0
PETIK JERUK. Pengunjung kebun jeruk di Blok Ladur Desa Janggala Kecamatan Cidolog memetik langsung buah dari pohonnya, Minggu (13/9).  ISTIMEWA

CIAMIS – Agro wisata menjadi tren liburan yang banyak dimintai berbagai kalangan. Seperti kebun jeruk di Blok Ladur Desa Janggala Kecamatan Cidolog  Kabupaten Ciamis yang sedang ramai dikunjungi warga untuk berwisata dan membeli jeruk dengan memetik langsung.

Soleh, pemilih kebun jeruk mengatakan sejak tiga minggu ke belakang perkebunannya tiba-tiba ramai dikunjungi warga yang ingin berwisata sambil membeli.

Baca juga : KWh Meter Meledak, Rumah Warga Raksabaya Cimaragas Ciamis Hangus Terbakar

“Warga yang datang untuk membeli jeruk dengan memetik langsung setiap hari selalu ada dari luar Kecamatan Cidolog,” katanya kepada Radar, Minggu (13/9).

Lanjut dia, warga yang datang mulai dari perorangan bahkan rombongan. Mereka datang ke sini sengaja untuk membeli jeruk yang langsung diambil dari pohon berjumlah 1.300 di luas lahan 300 bata.
“Rata rata tak kurang dari 50 orang yang datang dari luar Cidolog.

Seperti Ciamis kota, Tasikmalaya dan Majalengka. Mereka datang langsung ke kebun kami hanya untuk mencicipi sekaligus membawa jeruk dengan cara petik sendiri di kebun. Harga yang dijual cukup murah, yang kecil Rp 12.000 per kilogram dan besar Rp 15.000,” jelasnya.

Camat Cidolog H Otong Bustomi SPt MP mengatakan, bahwa kawasan pertanian di Blok Ladur ini akan dijadikan kawasan Agro Edu Wisata karena daya dukungnya cukup memadai. Selain ada kebun jeruk, juga ada kebun pepaya, peternakan ayam petelur, kolam pembenihan ikan, jaringan irigasi yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

“Termasuk hamparan pesawahan dan bukit Panji Wulung serta Sungai Cihapitan yang menambah keindahan pemandangan alam. Di samping itu juga terdapat Situs Kabuyutan dan Dalem Janggala yang akan ditata kembali,” ujarnya.

“Ke depan selain wisata petik jeruk juga akan ditambah dengan kebun jambu kristal dan belimbing, sehingga wisata petik buah tersebut dapat berkesinambungan dengan berbagai macam,” katanya, menambahkan.

Lanjut dia, pihaknya bersama Pemerintah Desa Janggala terus berbenah dalam mendukung semakin ramainya agro wisata di Kecamatan Cidolog. Sehingga sangat diharapkan dengan hadirnya agro wisata ini bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan bulan Desember nanti ada wisata petik buah naga, walaupun beda lokasi yaitu di Blok Cawene Koneng Dusun Cinangsi Desa Janggala, kebetulan ada kawasan kebun buah naga,” tuntasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.