Belum Ada Pendidikan Vokasi Di Kota Tasik

31
Kepala Dinas Pendidikan

IR JUANDA – Pemerintah pusat me­lakukan pe­nguatan pen­didikan vokasi untuk me­nekan angka pengangg­uran yang belum mencapai target. Namun, pendidikan yang mirip SMK setara D1, D2 dan D3 itu sejauh ini be­lum tersedia di Kota Tasik­malaya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya H Tedi Setiadi menyebutkan vokasi belum tersedia di Kota Tasikmalaya. Pendidikan kejuruan masih mengandalkan SMK saja.

Pendidikan vokasi sempat diupayakan oleh pemerintah melalui Disdik. Saat itu rencananya ada sekolah kejuruan yang setara dengan lulusan D1. “Waktu itu SD sampai SMA masih berada di bawah naungan Disdik kota pernah kita upayakan,” tutur Tedi kepada Radar, Jumat (30/11).

Akan tetapi, pemerintah daerah harus merogoh dana cukup fantastis. Hal itu memberatkan. Sehingga rencana tersebut akhirnya batal. “Saya tidak ingat angkanya, yang jelas miliaran,” terangnya.

Selain itu, ketersediaan lahan juga menjadi kendala karena belum ada persiapan. Apalagi harus disediakan pemerintah daerah. “Lahan juga saat itu kita belum ada,” terangnya.
Disinggung perlu tidaknya vokasi di Kota Tasikmalaya, dia tidak bisa berkomentar. Hal itu perlu analisis mendalam untuk menentukan tingkat kebutuhannya. “Perlu analisa serius, tidak bisa menerka-nerka,” katanya.

Deputi II KSP Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-Isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis Yanuar Nugroho mengatakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengurangi pengangguran adalah melalui penguatan vokasi. Yakni pendidikan serupa SMK namun untuk program setara dengan D1, D2, D3 dan D4.

“Kita kejar dengan vokasi tematik, jadi lebih spesifik,” tuturnya usai mengisi dialog publik di Gedung Mandala Unsil, Kamis (29/11).

Di beberapa daerah pendidikan vokasi sudah berjalan bekerja sama dengan industri-industri yang akan merekrut para lulusan. “Jadi lulusannya diserap langsung untuk mengurai pengangguran,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.