Apabila Ade Dilantik Menjadi Bupati Definitif

Belum Bisa Dihitung Satu Periode

4

SINGAPARNA – Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ir H Zaenal Purkon menjelaskan masih menjadi pertanyaan apakah dihitung satu periode atau tidak ketika Ade Sugianto ditetapkan menjadi bupati definitif.

“Ya soal kepastian sisa jabatan di periode ini akan dihitung satu periode bagi Pak Ade atau tidak belum bisa dipastikan. Kita akan koordinasi dulu dengan provinsi dan pusat,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (21/9).

Jelas dia, apabila Ade Sugianto dilantik menjadi bupati sudah dihitung satu periode. Berarti, politisi PDI Perjuangan ini hanya memiliki kesempatan satu periode lagi untuk mencalonkan sebagai bupati.

Akan tetapi, jika tidak dihitung satu periode berarti Ade masih memiliki kesempatan dua periode untuk mencalonkan kembali. “Tapi itu belum kita pastikan seperti apa peraturannya,” terangnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya H Deden Nurul Hidayat SE MM mempunyai analisis Ade bisa dikatakan satu periode apabila menjabat sebagai bupati definitif lebih dari 2,5 tahun. Hal itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Jadi dihitungnya ketika pelantikan menjadi bupati definitif sampai akhir jabatan pada 2021,” tandasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.