Belum Bisa Mandiri, Perlu Tambahan Komputer

179
0
Loading...

BANJAR – Perangkat komputer dan server bagi sekolah yang sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer wajib dimiliki.

Tanpa komputer, sekolah tak bisa menyelenggarakan ujian online ini secara mandiri. Kendala minimnya komputer saat ini dirasakan sekolah di Kota Banjar, terutama tingkat SMP.

“Kami UNBK numpang di SMA Negeri 1 Banjar. Kami belum bisa mandiri karena tidak memiliki perangkat yang memadai, terutama jumlahnya,” kata Kepala SMP Negeri Banjar Aa Gunara Kamis (19/4).

Ia mengaku siswanya yang melaksanakan UNBK 23 April mendatang sebanyak 271 orang. Dibagi dalam dua sesi.

“Ya harapannya ada bantuan dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Karena jika mengandalkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ya tentu tidak mencukupi,” kata Aa.

Loading...

Hal senada diungkapkan Kepala SMP Negeri 7 Banjar Ace Maman. Menurutnya, kendala saat ini untuk pelaksanaan UNBK yakni tidak mencukupinya perangkat dasar untuk pelaksanaan ujian. Sekolahnya hanya memiliki 27 komputer.

“Siswa kami melaksanakan UNBK di salah satu SMK di Banjar. Untuk mandiri kami belum bisa karena belum mencukupi jumlah komputernya,” kata dia.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar Ahmad Yani mengakui minimnya fasilitas komputer yang dimiliki SMP dalam pelaksanaan UNBK.

“Ya kendalanya minim jumlah komputer. Untuk sementara ini sekolah yang belum bisa mandiri ikut numpang UNBK di SMA atau SMK yang sudah memiliki fasilitas komputer dan server. Di Banjar untuk SMP yang sudah mandiri tidak banyak,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.