Drainase di Jalan-Jalan Protokol Dicek

Drainase di Jalan-Jalan Protokol Dicek, Belum Pastikan Penyebab Banjir

110
0

HZ MUSTOFA – Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya mengecek kondisi drainase di jalan-jalan protokol di pusat kota, Rabu (27/3).

Langkah tersebut sebagai tindak lanjut penanggulangan banjir yang selalu terjadi di jalan-jalan utama akibat saluran air tidak optimal.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Danil Manap menjelaskan, petugas sudah mengecek drainase di jalan-jalan yang kerap kali digenangi air ketika hujan deras. Jalan-jalan tersebut yakni HZ Mustofa, BKR, dan SL Tobing.

Hasil pengecekan sementara, tidak ada masalah pada inlet (ceruk) drainase yang dianggap terlalu kecil.

Di dalam saluran air itu juga tidak ada penumpukan sampah dan pasir atau sedimentasi. Dengan demikian, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab genangan air di jalur protokol seperti di Jalan HZ Mustofa.

“Hasilnya masih normal,” ujarnya kepada Radar saat mengecek saluran drainase di kawasan Plaza Asia Jalan HZ Mustofa.

Danil menyebutkan alokasi anggaran pemeliharaan yang berkaitan dengan paket jalan—termasuk drainase dan trotoar—sebesar Rp 500 juta. Pihaknya melaksanakan pemeliharaan atau pengecekan paket jalan sebanyak dua kali dalam setahun.

Koordinator pelaksana pemeliharaan jalan dan jembatan Sandiyono membeberkan, di drainase HZ Mustofa tidak ditemukan sampah dan endapan pasir.

“Dugaan sementara adanya genangan air di Jalan HZ karena curah hujan terlalu besar dan pintu pembuangan air limpasan cuma satu,” kata dia.

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Tasikmalaya H Adang Mulyana menyebutkan, jalur HZ Mustofa seringkali digenangi ari kemungkinan karena pintu air menuju irigasi dari drainase tidak berfungsi.

Selain itu, mungkin saja karena faktor sedimentasi sungai yang menampung limpahan air. Ditambah lagi, saluran drainase di jalur protokol itu tidak bertambah.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola Plaza Asia untuk menanggulangi genangan air di kawasan mal itu. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan turut bergotong royong membersihkan drainase. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.