Kota Tasikmalaya Belum Puas Meraih Nilai Cukup

125
0
TERIMA PENILAIAN. Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf dan Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya H Asep Maman Permana MSi menghadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3). Dokumentasi Setda Kota Tasikmalaya
Loading...

JAKARTA – Pemerintah Kota Tasikmalaya meraih nilai cukup untuk evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2018.

Hal itu terungkap dalam Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (28/3). Evaluasi tersebut meliputi 616 kementerian, lembaga, Polri dan pemerintah daerah.

Sebanyak 82 instansi pemerintah (13,31 persen) berpredikat baik, sangat baik dan memuaskan. Sementara, 534 instansi pemerintah (86,69 persen) berpredikat cukup dan kurang.

“SPBE adalah sistem untuk menyinkronkan seluruh infrastruktur yang sudah ada, sehingga terintegrasi dalam menghasilkan efektivitas, efisiensi yang berujung terhadap pelayanan publik,” ujar Menpan RB Syafruddin melalui rilis.

Menurutnya, hasil evaluasi SPBE nasional, bukan tentang siapa yang baik atau buruk, menang atau kalah, berprestasi atau tidak. Namun hal tersebut sesungguhnya landasan pacu atau pijakan awal melangkah bersama membangun SPBE secara nasional.

Loading...

Untuk itu, kata dia, pimpinan instansi pemerintah, dari pusat hingga daerah harus mendukung akselerasi SPBE pada tiga domain utama. Yaitu kebijakan, tata kelola, dan layanan. Dengan demikian, dalam beberapa tahun ke depan, SPBE akan benar-benar dikembangkan secara terpadu. “Mengubah tampilan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif dan efisien, mewujudkan birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, modern, akuntabel dari pusat hingga ke daerah” tuturnya.

Penyerahan hasil evaluasi SPBE dihadiri Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya H Asep Maman Permana MSi.

Berdasarkan hasil evaluasi SPBE, Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapat predikat cukup dengan nilai indeks SPBE, domain dan aspek 2,16. “Perlu diperbaiki segala sesuatunya, terutama berkaitan optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat melalui aplikasi,” ujar Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya H Asep Maman Permana MSi saat dikonfirmasi.

Menurutnya, indikator penilaian SPBE dilihat dari kegiatan bersifat intranet dan internet. Intranet misalnya dalam tata kelola di internal Pemkot menggunakan aplikasi yang terintegrasi, dalam menjalankan roda pemerintahan. “Sementara internet, sifatnya pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya kemudahan akses internet bagi masyarakat, serta pelayanan publik lainnya yang berbasis IT,” ujarnya menjelaskan.

Arahan dari Kemenpan RB, kata Asep, akan ditindaklanjuti Pemkot supaya pelayanan ke depan lebih efektif dan efisien. Sehingga terwujudnya pelayanan masyarakat yang optimal. “Hal itu perlu didorong dengan tiga faktor, yakni infrastruktur, SDM dan anggaran. Memang kita akui wajar dengan kondisi hari ini mendapatkan nilai cukup,” tandasnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.