Beranda Tasikmalaya Belum Rampung Sudah Rusak

Belum Rampung Sudah Rusak

76
BERBAGI
RUSAK. Walaupun belum rampung Jalan Cising sudah rusak di Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang, Selasa (27/3).

SINGAPARNA – Jalan Ciawi-Singaparna (Cising) di Kecamatan Padakembang sudah rusak. Padahal jalan yang menghubungkan Singaparna ke Tasik Utara ini belum rampung sepenuhnya.

Rusaknya Jalan Cising dikeluhkan pengendara motor asal Kecamatan Padakembang Abdul Kohar (46), menurutnya kondisi jalan ini sudah mengkhawatirkan padahal belum tembus ke Ciawi. “Sekarang sudah rusak lagi, padahal belum nyambung ke Ciawi,” ujarnya kepada Radar, Selasa (27/3).

Tak jarang warga melihat pengendara sepeda motor yang jatuh akibat jalan berlubang. “Sering banyak yang jatuh, terlebih anak-anak,” ujar Basir (38) warga Desa Cilampunghilir.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs Erry Purwanto MSi mendorong Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk rutin melakukan pemeliharaan Jalan Cising walaupun belum nyambung. Karena akses jalan ini sudah sangat penting bagi masyarakat di beberapa kecamatan yang terlewati. “Kami berulang kali mengingatkan kepada PUPR agar jalan rusak tidak dibiarkan menjadi semakin parah.

Nanti akan menelan biaya mahal untuk perbaikannya,” ungkap Erry.
Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Kabupaten Tasikmalaya Mamik M Fuadi ST MT menjelaskan rusaknya Jalan Cising karena hujan dan beban angkutan truk cukup berat.
Menurutnya, pemeliharaan rutin jalan Cising sedang pengadaan material untuk memperbaiki jalan yang rusak dan berlubang tersebut. “Paling dalam waktu satu bulan ke depan jalan bisa diperbaiki dan kembali normal,” ungkapnya.

Sedangkan untuk penyelesaian Jalan Cising, Pemkab Tasikmalaya mendapatkan bantuan Rp 22 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dan Rp 3 miliar dari Bantuan Provinsi (Banprov). “Digunakan untuk penyelesaian trase jalan yang melalui Jembatan Cibeureum dan pembentukan badan jalan. Dari banprov kita dapat Rp 3 miliar untuk membuat Tembok Penahan Tebing (TPT),” kata Mamik. (dik)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.