Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Belum Terlambat untuk ODF

14
0

MANGKUBUMI – Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi akan terus berupaya untuk mewujudkan open defecation free (ODF) di wilayahnya. Lurah Sambongjaya Suryaman Saputra menuturkan, untuk mengubah perilaku masyarkat tidak buang air besar sembarang be­lum terlambat. Ber­bagai program dan upa­ya dilakukan pihak­nya bersama dengan para Satgas ODF, tokoh masyarakat serta ma­sya­rakat.

“Memang kaitan dengan ODF ini dampaknya tidak akan terasa secara langsung saat ini. Akan tetapi sepuluh tahun yang akan datang atau puluhan tahun ke depan nanti akan bagai­mana Sambongjaya ini, bi­la tidak mulai diper­siap­kan sejak saat ini,” tuturnya saat menerima tim verifikator Jawara ODF 2019 Menuju Sa­ni­tasi Aman di Aula Kan­tor Kelurahan, Rabu (9/10).

Salah satu strategi untuk mewujudkan ODF, kata Suryaman, yaitu melalui kerja sama dan bersinergi dengan semua stakeholder yang ada. Melalui tokoh masyarakat, pihaknya melakukan sosialisasi dan pengarahan agar masyarakat paham dan pada akhirnya berujung di perubahan perilaku dengan tidak buang air besar sembarangan.

“Alhamdulillah semua stakeholder di Sambongjaya ju­ga di kecamatan sa­ngat mendukung dan masyarakat juga menyam­but baik sehingga harapan kami, ODF betul-betul terwujud,” tuturnya.

Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Joko Puji Hartono menuturkan, adanya program Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman tidak bertujuan untuk mencari juara. Tapi hal yang penting adalah mewujudkan ODF dan adanya perubahan perilaku masyarakat berkaitan dengan ODF. “Kalau dulu ODF itu hanya sanitasi layak, sekarang sudah menjadi sanitasi aman,” kata dia.

Tim verifikator di Kelurahan Sambongjaya ini akan melakukan pengecekan ke rumah-rumah untuk mendata berapa banyak rumah yang sudah punya septic tank, berapa yang masih menggunakan cubluk dan berapa yang masih buang air besar sembarangan dengan mengalirkan pembuangan dari toilet ke sungai atau kolam. (tin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.