Beranda Kota Tasik Belum Tersentuh Program Rutilahu

Belum Tersentuh Program Rutilahu

87
BERBAGI

TAWANG – Santi Susanti (30), warga RT 03 RW 15 Jalan Sukanagara-Sindanggalih Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang mengharapkan kepedulian dari pemerintah. Selama ini, dia tinggal di rumah yang terancam roboh.

“Kami terpaksa tinggal di sini. Karena jika harus pindah kami tidak tahu tinggal di mana. Lagipula ini merupakan satu-satunya harta yang kami miliki,” ujar Santi kepada Radar, Rabu (28/3).

Menurut Santi, kondisi rumahnya sudah sangat memprihatinkan. Dinding biliknya rapuh. Atapnya sudah bocor bila hujan jatuh.

Kadang, bila hujan deras, dia beserta suami dan anaknya tak bisa tidur. “Bagian dapur belakang sudah ambruk dan bagian kamar belakang pun begitu.

Ditakutkan nanti kalo hujan besar disertai angin kencang rumah ini ambruk,” ungkapnya.
Santi menyatakan sebenarnya ingin memperbaiki rumah miliknya tersebut.

Namun tidak memiliki biaya. Jangankan memperbaiki rumah, untuk makan sehari-hari masih kurang. Suaminya hanya bekerja sebagai tukang becak. “Saya hanya bisa mengharapkan bantuan dari pemerintah agar rumah saya segera direhab. Kondisinya sudah sangat tidak memungkinkan,” ucapnya.

Ketua RT 03 Ismail menyatakan telah mengajukan rumah milik Santi agar mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat program rumah tidak layak huni (rutilahu). “Saya sudah mengajukan 6 rumah milik warga yang tidak layak huni di RT 03 ini. Mudah-mudahan semuanya dapat bantuan,” harapnya.

Sementara, Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kahuripan, Munajat menjelaskan terdapat sekitar 90 rutilahu yang ada di Kelurahan Kahuripan.

Jumlah tersebut yang diajukan oleh 18 RW di Kahuripan. Namun untuk kuoatanya hanya sebanyak 55 rumah saja. “Kita akan prioritaskan yang kumuh dan rumahnya hampir roboh serta kondisi rumahnya yang benar-benar parah,” jelasnya. (obi)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.