Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

BEM Tuding Pemkot Tasik Tak Mampu Tuntaskan Ratusan Masalah Buruh

88
0

INDIHIANG – Massa Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tasikmalaya mendesak pihak Pemkot Tasikmalaya agar segera menuntaskan masalah klasik yang dialami para buruh.

Hal itu terungkap saat massa BEM Tasikmalaya melakukan audiensi dengan DPRD Kota Tasik setelah sebelumnya melakukan aksi di halaman Gedung DPRD, Rabu (9/10).

“Masalah buruh di Kota Tasik sudah dalam tahap darurat dan harus diselamatkan. Ini soal klasik, apalagi Kota Tasik terkenal termiskin ke-3 se-Jawa Barat. Kita bela buruh, ingin menjemput hak buruh bukan hanya momen saja,” ujar Kordinator Pusat Aliansi BEM Tasikmalaya, Dadang Kusdinar usai aksi dan audiensi kepada radartasikmalaya.com.

Terang dia, satu hari kalau tak bekerja dengan baik antara pihak Pemkot dengan para buruh maka perekonomian bisa lumpuh.

“Wali Tota Tasik (Budi Budiman, Red) harus berani menindak perusahaan ketika hak normatif karyawan tak dipenuhi pihak perusahaan,” terangnya.

Presma Umtas, Griya Maulana Fathrid menuturkan, mahasiswa ini peduli dan sayang dengan Kota Tasik. Maka dari itu, semua permasalahan yang klasik seperti perburuhan harusnya bisa tuntas.

“Di data kami ini ada 312 perusahaan tak taat aturan soal buruh, dan 213 perusahaan tak daftar BPJS. Ini jangan dibiarkan saja,” tuturnya.

Sementara itu, para wakil rakyat, Wakil Ketua DPRD, Muslim, Wakil Ketua DPRD, H Mamat Rahmat dan Anggota DPRD, Enan Suherlan, yang menerima audiensi mahasiswa ini. “Soal buruh ini memang adalah tuntutan masalah yang klasik dan tak kunjung tutas,” tutur Muslim.

Maka dari itu, jelas Muslim, mudah-mudahan di 2020 nanti masalah seperti ini tak kunjung terulang.

“Menurut laporan yang kami himpun, baru 24 persen saja permasalahan soal perburuhan yang tuntas dari ratusan laporan. Ini memang sangat miris sekali terhadap kaum buruh yang kerja di Kota Tasik,” jelasnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.