Bendungan Leuwi Keris di Ciamis Didemo Warga Terdampak

969
1

CIAMIS – Ratusan warga yang tanahnya terdampak mobilisasi proyek Bendungan Leuwi Keris di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, melakukan demo unjuk rasa, Rabu (11/3) sekitar pukul 10.00.

Mereka bergerak ke lokasi Bendungan Leuwi Keris dan ke Gedung DPRD Ciamis, dengan tuntutan agar pembayaran tanah segera direalisasikan.

Ketua Forum Pengawasan Dampak Bendungan dan Waduk Leuwi Keris, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Anwar Solihin menuturkan, aksinya ini ke Bendungan Leuwi Keris dan DPRD, tak lain menuntut kepada pemerintah untuk segera membayar lahan ganti rugi atas tanah warga terdampak seluas 146 hektare.

Yakni, mulai dari mulai Ciharalang ke Kelurahan Linggasari Kecamatan Cijeungjing hingga Kecamatan Ciamis.

“Prosesnya itu sejak tahun 2016. Untuk proses pembenahan tahun 2018 selesai ahirnya tahun 2019, tapi belum kelar dan ditunggu sampai beberapa kali tidak kelar, baru  sekarang tahun 2020 ini kami melakukan aksi. Jadi yang tidak dibayarkan itu yang punya SPPT perkiraan173 bidang.

” Harapan kami, DPRD bisa membantu masyarakat menyelesaikan persoalan ini. dan pihak BBWS  bisa menyelesaikan Jika tuntutan kami tidak direspon, kami akan memblokade pengerjaan Bendungan Leuwi Keris,” ancamnya.

Selama ini, kata dia, masyarakat di sekitar Bendungan Leuwi Keris selalu membawa kondusivitas kepada pembangunan bendungan.

Namun, timbal baliknya tidak ada. “berulangkali janji-janji untuk membayar tidak ada sampai sekarang. Makanya pihaknya melakukan portal jalan. Jika tidak ada realisasi sampai bulan depan (April 2020, red) akan kami tutup. Saya sendiri punya lahan kebuh 200 bata belum dibayar sampai sekarang,” tandasnya.

Ditegaskan Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana SH, pihaknya akan mendorong supaya ganti hak-hak atas tanah segera direalisasikan.

DPRD akan komunikasi dengan lembaga terkait,  agar ini cepat selesai dan rakyat tidak dirugikan.

Selain itu agar proyek ini berlajalan terus berjalan, pihaknya akan negosiasi ke berbagai pihak.

Terlebih, proyek sudah beberapa minggu ditutup masyarakat.

“Pada intinya, DPRD Kabupaten Ciamis  menghendaki proyek bendungan berjalan terus. Negara tidak dirugikan dan masyarakat juga tidak dirugikan.   Pembayaran kepada masyarakat kami akan meminta pemerintah tidak melewati bulan Oktober,” ungkapnya.

“Apalagi harga taksiran kan sudah kadalursa. Kalau dibayar setelah Oktober maka harus  dilakukan taksiran  ulang oleh apraisal dan itu negara di rugikan. Nantinya pekerjaan apraisal setahun lalu jadi mubazir, ” tegasnya.

Pihaknya akan meminta pihak-pihak terkait baik Elman, BPKP bekerja profesional dan cepat.

“Kita  punya tahap bandingan karena tahap pertama di Ciamis itu klir tidak ada  gejolak apa-apa, tanpa kehadiran Elman dan BPKP,” ujarnya.

Sekarang, dengan adanya dua lembaga Elman dan BPKP, prosesnya jadi panjang.

“Dengan dua lembaga ini justru memperpanjang birokrasi. Ini sudah keluar dari semangat ruh presiden yang ingin cepat,” tegasnya.

“Ini akan kami sampaikan kepada pimpinan partai kami, karena urusanya ini Nasional,” paparnya.

Diterangkan PPK Pengadaan Tanah  dari BBWS, Aditya Heri S persoalan ini setelah ada aklerasi  sehingga menyebabkan penentuan lokasi (Penlok) tahap satu ada yang tertinggal sekitar tujuh hektare.

Setelah dilaksanakan pekerjaan, ternyata tanah itu sangat dibutuhkan oleh kegiatan holing, sehingga pihaknya beritigad baik membebaskan  lahan di tahap dua dan  tidak ada yang dirugikan.

“Untuk sementara win-win solusinnya dengan penyewaan lahan,  yang dilaksanakan oleh pihak ketiga kontraktor kami yakni Waskita,”  jelasnya.

Yang jadi persoalan adalah, jalan akses atau untuk mobilisasi kelokasi pekerjaan

“Jadi lokasi sekarang dilewati adalah punya masyarakat. Hanya jadi akses tidak sampai jadi genangan, tapi ujung-ujungnya kami akan beli juga atau dibebaskan,” paparnya.

Kata Aditya bahwa memang sejak ada persoalan ini, terjadi pembolokiran akses oleh masyarakat.

“Kurang lebih proyek berhenti sekitar satu mingguan. Namun pekerjaanya dialihkan ke tempat pekerjaan lain. Kami  harapkan pekerjaan bendungan tidak molor selama menejemenya benar,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kami ada dukungan dari DPRD yang siap bekerjasama   sinergi dengan kami, sehingga bisa mepercepat pekerjaan tahap pertama,” harapnya.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165.co mempunyai promo Welcome cashback,
    anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%,
    tunggu apa lagi hanya di bola165,co yang berani memberikan bonus promo casback,
    buruan bergabung sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.