Bentuk Generasi Rabbani Melalui Manasik

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Sebanyak 600 siswa Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Persis se-Kota Tasikmalaya mengikuti kegiatan peragaan manasik haji di Gedung Aisyah Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya Rabu (12/9). Kegiatan tersebut mengambil tema Menanamkan Semangat Juang Generasi Rabbani.

Sekretaris Persatuan Islam Istri (Persistri) Dra Hj Rosmawati yang mewakili ketua pelaksana aca­ra mengatakan, manasik haji merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tujuan­nya menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam sejak dini, khususnya pelaksanaan ibadah rukun Islam kelima, tentang berhaji. “Pelatihan manasik haji untuk anak RA supaya anak-anak mencintai rukun Islam yang kelima, menunaikan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Rangkaian manasik dimulai dengan melakukan miqot kemudian ibadah umrah dan ibadah haji sesuai dengan tuntunan hadist Rosul. “Anak-anak dan orang tua antusias mengikuti manasik. Harapannya bisa menjadi pengalaman berharga untuk memperkuat keimanan,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Riva’I MPd menuturkan, peragaan manasik untuk siswa ini sangat positif, sebab berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dalam rangka menanamkan nilai-nilai Rabbani.

Manasik haji ini di samping melatih fisik juga pengalaman religius untuk anak-anak. Kegiatan ini juga sebagai pembentukan karakter anak. “Sebagai pendidik kita wajib menanamkan nilai-nilai positif bagi anak di usia golden age, karena pada usia ini anak seperti spon yang mampu menyerap apapun,” terang Hilmy. (ais)

loading...