Bentuk Jiwa Sosial Melalui Kurban

2

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 2 Kota Tasikmalaya melaksanakan pembelajaran praktik penyembelihan hewan kurban di lingkungan sekolah Jalan Leuwidahu No 8 Indihiang Kota Tasikmalaya Kamis (23/8).

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Tasikmalaya Drs H Dadang Toha Muslim MSI menuturkan, kegiatan ini bagian dari pendidikan karakter bagi siswa. Di awal sebelum praktek kurban, siswa diberi dulu materi terkait sejarah kurban, kemudian juga disampaikan tata cara berkurban dan lainnya. ”Jadi pembelajaran sekaligus praktik ini sangat efektif bagi siswa, siswa bisa lebih paham makna Idul Adha dan terbentuk jiwa sosial,” terang Dadang.

Kepala MTs N 2 Kota Tasikmalaya Dra Hj Ai Siti Latopah MPd menuturkan, siswa memang tidak libur, tapi mereka belajar di sekolah dengan materi pembelajaran praktik penyembelihan dan sodakoh hewan kurban. Program ini, terangnya, memang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun ini kurban diikrarkan untuk tujuh orang diantaranya guru dan siswa berprestasi.

”Ikrarnya untuk guru honorer yang sudah mengabdi lama, siswa yang berprestasi dan siswa yang sudah hafal Alquran 8 Juz. ikrar ini sesuai dengan hasil keputusan dari musyawarah guru,” tutur Ai.

Ai berharap, peserta didiknya tidak hanya bisa mendapatkan nilai religi dari sejarah kurban yang disampaikan, namun juga terbentuk jiwa sosial senantiasa membantu sesama.
”Kebersamaan juga makin meningkat karena daging kurban ini kita bagikan kepada semua siswa. Kita ada agenda nyate bersama lalu makan bersama, sehingga mempererat kebersamaan,” ujarnya.

Wakil Kepala MTs N 2 Kota Tasikmalaya Bagian Humas H Uton Aminudin MSI me­ngatakan, pada moment tersebut setiap kelas membawa nasi, pisau, perlengkapan nyate dan lainnya untuk agenda nyate bersama. ”Alhamdulillah tahun ini sapinya lebih besar, Insya Allah bisa cukup untuk semua siswa yang berjumlah sekitar 800 siswa. Nilai utamanya adalah kebersamaan dan pendidikan karakter,” tutur Uton. (ais)

loading...