Bentuk Kemandirian Peserta Didik dengan Kegiatan Perkemahan

29
0
KOMPAK. Peserta perkemahan di MI Persis Gandok Bungursari, Kota Tasikmalaya kompak foto bersama usai acara, Sabtu (30/3). SITI AISYAH / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Kegiatan perkemahan rutin yang dilaksanakan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Persis Gandok, Bungursari Kota Tasikmalaya ditujukan untuk membentuk kemandirian peserta didik.

“Perkemahan ini dilakukan setiap tahun pada hari Jumat dan Sabtu, sehingga diberi nama Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa). Tahun ini pesertanya 100 siswa,” ujar Ketua Panitia Perkemahan Jumat Sabtu, Wildan Fauzi SPd kepada Radar, Minggu (31/3).

Jelas dia, kegiatan perkemahan ini diikuti kelas 4, 5 dan 6. Tujuannya untuk membentuk pribadi peserta didik yang mandiri dalam berbagai hal. Kegiatan ini juga menjadi ajang pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dalam pembentukan karakter kepribadiannya.

Selam perkemahan, kata dia, peserta didik diberikan berbagai materi. Mulai dari kesiapsiagaan bencana dari BPBD Kota Tasikmalaya, permainan edukatif, baris berbaris, pramuka, kreasi seni, bakti sosial, penjelajahan dan lainnya.

Tempat yang sama, Kepala MI Persis Gandok Tasikmalaya, Arip Ripandi SPd I menambahkan setelah kegiatan ini diharapkan peserta didik memiliki karakter baik, disiplin, mandiri dan bisa tumbuh jiwa kepemimpinannya. “Ini menjadi bagian pendidikan wajib yang harus diikuti siswa,” terangnya.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar Surahman mengatakan anak usia dini sudah sepantasnya mendapatkan pendidikan pembentukan karakternya, terlebih kemandirian. “Dalam materi kesiapsiagaan bencana, sangat penting sekali terhadap peduli lingkungan,” paparnya.

Lanjut dia, ketika generasi muda mampu menjaga alam, berbagai risiko bencana pun bisa dihindari. Karena, tingginya risiko bencana di antaranya faktor alam. Misalnya bencana kekeringan, itu salah satunya disebabkan sudah hilangnya bukit-bukit yang menjadi resapan air.(ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.