Bentuk Satgas di Setiap Kecamatan

117

CISAYONG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya membentuk satuan tugas (satgas) perlindungan anak di setiap kecamatan, Jumat (13/7).

Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto mengatakan usai dilakukan pembentukan, satgas langsung diberikan pembinaan supaya memiliki pemahaman secara teknis dalam perlindungan anak. “Sekaligus mempersiapkan dalam peringatan hari Anak Nasional,” ujarnya kepada Radar di Sekretariat KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Cisayong.

Ato menjelaskan pem­bentukan satgas ini sebenarnya sudah sejak 2017 dipersiapkan. Tugasnya menjembatani KPAID dengan masyarakat. “KPAID hanya sembilan orang, jadi kita sangat butuh keberadaan satgas untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang cukup luas ini,” paparnya.

Dengan adanya satgas di setiap kecamatan, kata dia, masyarakat yang mempunyai permasalahan terkait anak bisa melaporkan ke satgas untuk dilanjutkan ke KPAID. “Karena ini baru dibentuk, kita akan sosialisasikan keberadaan satgas ini kepada masyarakat supaya diketahui secara luas. Salah satu momennya pada peringatan hari Anak Nasional beserta pengukuhannya,” terangnya.

Selain menjembatani masyarakat dengan KPAID, kata dia, satgas juga sebagai upaya pencegahan kekerasan atau permasalahan yang melibatkan anak. Sehingga kasus kekerasan atau permasalahan terhadap anak bisa diminimalisasi.

Satgas KPAID Kecamatan Rajapolah De Dahlia mengaku termotivasi menjadi satuan tugas dalam membebaskan permasalahan yang melibatkan anak. “Mudah-mudahan ini menjadi jembatan dalam membantu permasalahan anak,” ungkapnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.