Berawal dari Percikan Bara Api, Belasan Vespa Hangus

32

CIMAHI – Percikan bara dari kembang api yang dinyalakan Lutfi Abdurahman (40), pemilik bengkel justru menyulut kebakaran di tempat usahanya.

Belasan unit sepeda motor jenis Vespa hangus terbakar saat api melalap bengkel yang terletak di Jalan Sentral RT 02/04, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (8/4/2019).

Saksi mata peristiwa kebakaran, Dzaki Kustiawan (17) mengatakan, kebakaran percikan bara dari kembang api yang dinyalakan menyambar bensin dari motor.

Kembang api dinyalakan oleh Lutfi, yang saat itu tengah bekerja membuat kacamata menggunakan besi kembang api.

“Awalnya itu A Lutfi mau sambungin kaca mata pake batang kembang api. Pas udah beres, gak tau iseng atau sisa kembang api itu dibakar, percikannya apinya kena bensin langsung membakar motor,” ujar Dzaki saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (8/4/2019).

Warga sekitar sempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, termasuk meminjam APAR dari minimarket. Namun api lebih cepat membesar karena di bengkel banyak barang mudah terbakar.

“Pas apinya nyala saya langsung keluar. Ada lima sampai enam kali suara ledakan. A Lutfi kena luka bakar,” terangnya.

Lutfi sendiri menderita luka bakar ringan karena pada saat terjadi ledakan dan api mulai menyambar ia ada di dalam bengkel berusaha memadamkan api.

Untuk memadamkan kebakaran itu petugas Damkar Kota Cimahi menerjunkan tujuh unit pancar dan dua unit rescue.

“Kami terima laporan itu sekitar pukul 15.25 WIB, dari Mako ke sini diperkirakan sekitar 15 menit karena macet dan sebagainya,” kata Eri Rukmana, petugas Damkar.

Dalam pemadaman kali ini, ada beberapa kendala yang dihadapi para personel Damkar. Diantaranya akses jalan yang kecil serta minimnya sumber air.

“Ini sudah tiga kali bolak-balik ambil air ke Cibabat, karena sumber air disini tidak ada. Apinya cepat membesar karena angin besar,” katanya.

(dan/Radar Bandung)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.