Inovasi dalam Lomba untuk Peringati HUT Kemerdekaan

Berbeda, Lomba Memilah Buku

2
inovatif. Anak-anak ikut lomba memilih judul buku dan memilah buku saat peringatan HUT RI ke-73 di Yayasan Ruang Baca Komunitas di Banjar Minggu (19/8). (cecep herdi / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 dengan aneka lomba yang berhubungan dengan literasi.

Diantaranya lomba memilah buku, lomba memilih dan mengategorikan buku dan merapikan serta memilih judul buku.

“Kita mengadakan inovasi untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan perlombaan yang berhubungan dengan literasi,” kata pendiri YRBK Kota Banjar Sofian Munawar Minggu (19/8).

Menurutnya, ide awal lomba Agustusan berkaitan dengan literasi, karena YRBK ingin memberikan alternatif agar perhelatan lomba lebih variatif dan lebih bermanfaat.

“Beragam perlombaan Agustusan yang sudah biasa dilakukan di tiap lingkungan RT atau RW menurut saya sudah menjadi hal biasa. Berbagai perlombaan itu memang sudah sukses menjalin keakraban dan kekompakan masyarakat, namun untuk komunitas seperti YRBK ini perlu inovasi yang beda agar muncul bentuk perlombaan yang mengarah pada pendidikan yang mencerdaskan dan memiliki daya manfaat,” ucapnya.

Lalu bagaimana perlombaan Agustusan berkaitan dengan literasi?

Anak-anak, terangnya, diharuskan memilih dan menyusun buku-buku yang sebelumnya diacak atau tidak beraturan. Dengan begitu setidaknya anak-anak akan mengetahui judul, jenis dan kategori pustaka.

Ini menurutnya, merupakan perkenalan yang penting terhadap anak-anak dengan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan, namun semuanya dilakukan secara santai dan ringan dengan konsep permainan.

“Kami juga mengadakan kegiatan lain yang lebih serius, seperti Safari Literasi dan diskusi publik dengan tema spesial Pemuda dan Literasi Kebangsaan,” katanya.

Safari Literasi, kata dia, dimulai sejak 2016. Kali ini dalam kaitan tema Literasi Merdeka, Safari Literasi dikaitkan dengan semangat anak muda untuk mengisi kemerdekaan melalui kegiatan literasi.

Hingga Agustus 2018, YRBK sudah melaksanakan 63 kali Safari Literasi ke sekolah dan pesantren di wilayah Banjar, Ciamis dan Pangandaran.

Atas berbagai kiprah dan peran yang selama ini dilakukan YRBK, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih memberikan penghargaan untuk YRBK.

Dalam Piagam Penghargaan itu, Wali Kota memberikan apresiasi dan penghargaan kepada YRBK yang telah berpartisipasi dan memberi dukungan dan peran sehingga Kota Banjar mampu meraih dan mewujudkan Kota Layak Anak serta YRBK merupakan pelopor gerakan literasi di Kota Banjar. (cep)

loading...