Berdayakan Pemuda dengan Budi Daya Gurame

53

MANONJAYA – Karang Taruna Kecamatan Manonjaya memberdayakan pemuda melalui program budi daya dan pemijahan ikan gurame di Kampung Mekarjaya Desa Kalimanggis, Rabu (5/12).

Ketua Karang Taruna Kecamatan Manonjaya Rofi Sopa Rinjani mengatakan pemijahan ikan ini sebagai wadah pemberdayaan pemuda di Desa Kalimanggis. Sehingga mereka memiliki aktivitas untuk menunjang perekonomiannya.

“Melalui wadah belajar berwirausaha, pemuda di Kecamatan Manonjaya khususnya di Desa Kalimanggis mampu mengembangkan secara mandiri budi daya ikan gurame sebagai penghasilan tambahan,” ujarnya kepada Radar kemarin.

Sejauh ini, kata dia, budi daya gurame masih cukup menjanjikan. Mengingat, konsumen untuk ikan jenis ini masih banyak digemari. Ditambah munculnya rumah makan yang menyediakan menu ikan gurame menjadi peluang usaha. “Apalagi harga ikan gurame saat ini cukup stabil,” terangnya.

Pendamping Desa Kalimanggis, Yoga mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, khususnya pemuda. “Alhamdulillah saya selaku pendamping desa merasa senang adanya dukungan dari pemerintah desa dalam bidang pemberdayaan ini,” ungkapnya.

Kata dia, pemberdayaan gurame ini akan dikelola oleh Karang Taruna Manggis Jaya. Sehingga pemuda bisa terlibat dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Desa Kalimanggis. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.