3 Balon Berebut Lumbung Suara Nahdliyin Garut

165
0
Istimewa SERAHKAN. Bakal calon bupati Garut H Agus Supriadi mendaftarkan diri ikut penjaringan ke DPP PKB kemarin.

Tiga Bakal Calon Langsung Daftar ke DPP PKB

TAROGONG KIDUL – Tiga kandidat bakal calon bupati Garut yakni H Agus Supriadi, H Abdusy Syakur Amin, dan Kolonel H Suryaman mendaftar langsung ke DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengikuti penjaringan kepala daerah.
“Ya benar, ada tiga orang yang daftar ke DPP langsung. Daftarnya minggu ini,” ujar anggota desk Pilkada DPP PKB, H Rasta Wiguna saat dihubungi Rakyat Garut, Jumat malam (10/11).
Menurut Rasta, ketiga bakal calon yang daftar tersebut, akan diproses bersama dengan usulan dari DPC PKB Kabupaten Garut di Jakarta. “Usulan dari DPC satu orang, yang daftar kesini 3 orang. Rencananya minggu depan dilakukan fit and profer test (uji kepatutan dan kelayakan) semua calon ini,” paparnya.
Keempat bakal calon yang daftar ini, kata dia, tidak ada yang diistimewakan baik itu dari internal partai maupun dari eksternal. Semuanya diperlakukan sama dalam proses tahapan penjaringan ini.
Rasta mengatakan untuk calon yang akan mendapatkan surat rekomendasi pencalonan dari PKB, yakni harus memiliki hasil survei yang bagus, serta ada masukan dan usulan dari para ulama Nahdatul Ulama (NU). “Intinya yang dapat SK pencalonan dari PKB itu yang paling bagus hasil surveinya serta berdasarkan usulan dari kiai NU. Apakah itu internal maupun eksternal tidak jadi masalah,” terangnya.
Kapan turunnya SK tersebut? Rasta belum bisa menentukan waktu persisnya kapan. Pasalnya, rekomendasi calon turun bersamaan dengan rekomendasi koalisi partai. “Kami belum tahu kapan (turun SK calon), karena koalisi partainya juga belum ada,” paparnya.
Saat ini, kata dia, DPP masih menunggu usulan dari DPC mengenai koalisi partai di Pilkada Garut ini. “Politik kan dinamis, jadi belum tentu koalisi partai di Pilkada Garut sama dengan Pilgub Jabar. Jadi sekarang masih proses,” paparnya.
Terpisah, Kolonel Suryaman mengaku dirinya daftar ke PKB itu hanya untuk menyatukan antara Gerindra dan PKB di Pilkada Garut ini. “Saya ingin menyatukan partai nasionalis dan agamis. Seperti Pak Rudy Gunawan kan menyatukan Gerindra-PKS,” paparnya.
Menurut dia, langkah yang dilakukannya ini ikut penjaringan di PKB, hanya untuk mengamankan tiket daftar ke KPU. Pasalnya, Partai Gerindra yang merupakan partai utama dirinya maju ini baru memiliki 4 kursi, sehingga dirinya daftar ke PKB. “Intinya saya daftar ke PKB ini untuk kebaikan Garut kedepan,” pungkasnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.