Berebut Tiket Knockout

10

PARIS – Ada 12 tim sudah mengamankan tempat mereka di babak 16 besar Liga Champions. Empat tiket tersisa akan diperebutkan tujuh klub. The Reds, julukan Liverpool dalam posisi tertekan. Sinyal merah.

Tujuh klub yang akan bersaing memperebutkan empat tiket terakhir, yakni Inter Milan, Liverpool, Lyon, Napoli, Paris Saint-Germain (PSG), Shakhtar Donetsk, serta Tottenham Hotspur. Mereka bakal bertarung di tiga grup berbeda.

Grup C yang sejauh ini belum punya satu pun wakil di fase knockout bakal menyajikan pertarungan paling sengit. Napoli, PSG, dan Liverpool sama-sama masih berpeluang lolos ke babak sistem gugur.

Hingga matchday kelima, Napoli memuncaki klasemen Grup C dengan poin sembilan. Kuda hitam asal Italia itu mempertahankan tempat mereka di posisi pertama usai menang 3-1 atas Red Star Belgrade.

Di bawah Napoli menguntit PSG dengan koleksi delapan angka. Klub kaya raya Prancis itu naik ke posisi kedua setelah menang 2-1 atas jagoan Inggris, Liverpool di Paris. Liverpool sendiri baru mengantongi poin enam dan kini ada di peringkat ketiga.

Dengan posisi saat ini, Liverpool harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke babak 16 besar. Sebab, mereka harus menghadapi Napoli dalam laga hidup mati, 11 Desember mendatang.

Meski bermain di kandang, Mohamed Salah dan kawan-kawan wajib menang minimal dua gol karena pada pertemuan pertama di Italia mereka kalah 0-1.

“Sekarang kami harus menggunakan Anfield sekali lagi. Kami perlu menciptakan atmosfer yang benar-benar istimewa. Napoli tim yang sangat bagus. Kami harus membuat malam istimewa. 11 Desember adalah final di Anfield,” kata Manajer Liverpool, Jurgen Klopp di Reuters.

Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti menegaskan, keyakinannya akan mengeliminasi Liverpool. “Tim ini memberi saya emosi yang luar biasa. Grup ini menguji kami dan saya yakin bisa bersaing dengan siapa pun di Eropa. Kami akan ke sana dan bermain layaknya berada di puncak grup yang sangat sulit, dengan keberanian,” tegasnya.

Wakil Italia dan Inggris lainnya, Tottenham Hotspur serta Inter Milan juga bersaing ketat di Grup B. Di mana poin mereka sama-sama tujuh.

Bedanya, mereka tidak akan head to head di laga pemungkas. Spurs akan menantang Barcelona yang sudah dipastikan menjadi juara Grup B. Sementara Inter menghadapi PSV Eindhoven yang telah tereliminasi.

Spurs sama halnya Liverpool juga berada di posisi sulit. Kendati kemenangan 1-0 atas Inter kemarin membawa mereka ke posisi kedua dengan poin tujuh, jadwal laga terakhir tak memihak klub London Utara itu.

Anak asuh Mauricio Pochettino harus melawat ke markas Barca. Sebaliknya, Inter bermain di kandang.

Tetapi, Mauricio Pochettino yakin timnya bisa mengalahkan Barca di Camp Nou. “Semua mungkin dalam sepak bola. Kami sangat menghormati Barcelona. Salah satu tim terbaik di Eropa. Itu akan jadi laga yang sangat sulit. Tetapi, kami berkeyakinan bisa menang,” klaim Pochettino.

Pelatih Inter, Luciano Spalletti cukup rileks karena yakin lolos ke babak sistem gugur. Syaratnya mengalahkan PSV.

“Jika melakukan apa yang perlu dilakukan, kami akan lolos. Saya katakan kami harus melakukan apa yang perlu dilakukan. Melawan PSV dan harus menga­lah­kan me­reka,” ujar­nya.

Sa­tu tiket babak 16 besar lainnya akan diperebutkan Lyon dan Shak­htar Donetsk di Grup F. Persaingan mereka juga bakal sengit dikarenakan Lyon dan Shakhtar akan duel di partai pemungkas.

Kendati di posisi kedua dengan poin tujuh atau unggul dua angka di atas sang rival, Lyon tidak bisa bersantai sebab mereka akan bermain di kandang Shakhtar yang hanya butuh kemenangan1-0. (amr/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.