Berharap Per Desa Bisa Rp 1 Miliar

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Keputusan pe­merintah pusat me­naikkan ang­garan dana desa un­tuk tahun de­pan me­mantik ha­rapan di daerah. Pemerintah Kabupaten Ciamis berharap setiap desa di wilayahnya bisa mendapatkan Rp 1 miliar atau naik Rp 300 juta dari tahun sebelumnya. Tahun ini desa-desa di Ciamis mendapatkan dana desa Rp 700 juta.

“Kita ketahui seluruh Indonesia juga ada kenaikan totalnya Rp 73 triliun. Mudah-mudahan Ciamis bisa Rp 1 miliar per desa. Karena saat ini baru Rp 700 juta per desa,“ ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis Lili Romli SH MH kepada Radar, Jumat (7/9).

Lili merinci dana desa untuk 2018 di Ciamis mencapai Rp 217.285.506.000. Anggaran tersebut sudah disalurkan. Bertahap. Saat ini, September, terangnya, sudah masuk penyaluran tahap tiga.

Tahap satu, penyaluran da­na desa, kata Lili, sebesar 30 persen. Nah, untuk tahap dua, dananya akan cair apabila semua pekerjaan di tahap satu, termasuk laporan administrasinya selesai. Begitu pun tahap tiga. Prosesnya sama.

“Kepada semua kades, tahapannya harus dilakukan secepatnya dan benar serta tertib administrasi. Jangan sampai terjerat hukum dan harus tertib,“ paparnya.

Sejauh ini, kata Lili, penyaluran dana desa melalui Bank Jabar lancar. Kalaupun ada keterlambatan, itu karena pengusulannya telat. Administrasi dari desa belum selesai. Pajaknya juga dan sebagainya.

“Kendala memang pengajuan dari desa yang ada keterlambatan karena belum beresnya administrasi,” ungkapnya.

Lalu dana desa sebesar Rp 700 juta digunakan desa untuk apa saja? Kata Lili, dana tersebut dipakai desa untuk pembangunan fisik (sarana dan infrastruktur). Lalu padat karya. Dilakukan secara swakelola. Tidak ada yang ditenderkan.

“Pastinya dana yang disalurkan ke desa-desa tersebut sangat dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Tahun depan, pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp 73 triliun ke desa-desa. Itu sudah masuk di dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2019.

Anggota DPR dari Komisi XI Agun Gunandjar Sudarsa, sebelumnya, menjelaskan dana desa untuk tahun depan naik Rp 13 triliun dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini saya merasa bersyukur dari Rp 60 triliun dalam rancangan APBN 2019 akan datang ada peningkatan Rp 13 triliun total menjadi Rp 73 triliun,” papar Agun di acara workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di aula Pemkab Ciamis Kamis (6/9).

Peningkatan anggaran dana desa ter­sebut, kata Agun, diharapkan bisa menye­jah­terakan masyarakat. Peng­­gu­naannya harus efektif. (isr)

loading...