Beranda Ciamis Berharap Wayang Landung Makin Dikenal

Berharap Wayang Landung Makin Dikenal

108
BERBAGI

CIAMIS – Cepi, pembuat wayang landung asal Kecamatan Panjalu berharap karyanya dapat semakin dikenal. Wayang berukuran raksasa itu sering dipentaskan dalam acara-acara seni. Baik di wilayah Priangan Timur, maupun luar daerah seperti Bogor dan Bali.

“Wayang ini terbuat dari daun-daun kering dan tumbuhan lainnya. Dibentuk sedemikian rupa, sehingga menjadi wujud wayang berukuran raksasa dengan tiga hingga empat meter tingginya,” ujar Cepi saat dihubungi Radar, melalui sambungan telepon Selasa (12/6).

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?
  • Prabowo - Sandiaga Uno 58%, 50 votes
    50 votes 58%
    50 votes - 58% of all votes
  • Jokowi Dodo - KH Ma'ruf Amin 42%, 36 votes
    36 votes 42%
    36 votes - 42% of all votes
Total Votes: 86
10 Agustus 2018

Dia menjelaskan pertunjukkan wayang landung terbagi dalam dua bagian.Pentas pertama adalah prosesi lalampahan atau arak-arakan. Kemudian pentas keduanya adalah jogol atau pertarungan beberapa wayang landung, yang mewakili kubu Pandawa dan musuh utamanya pasukan Durga.

“Seorang pemain bertugas memikul wayang untuk kemudian menari-nari mengikuti alunan musik serta cerita yang dibawakan sang dalang,” jelasnya.

Dia berharap wayang landung dapat bertahan dan dikembangkan. Sehingga, dengan sendirinya nama Ciamis akan lebih harum. “Dengan adanya wayang landung ini, mudah-mudahan membuat nama besar Ciamis sebagai gudangnya pelaku kreasi seni semakin kuat,” harapnya. (obi)

loading...