Beri Perlindungan Terhadap Korban Kekerasan Seksual

50
0

Sekretaris Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Rahmat Wibawa memastikan akan melindungi hak-hak anak yang jadi korban pencabulan oleh orangtuanya tersebut. “Tadi tim sudah koordinasi dengan Polsek Tarogong Kidul. Korban akan ditempatkan di rumah aman P2TP2A,” jelasnya.

Dia mengatakan P2TP2A juga akan memberikan pendampingan untuk pemeriksaan medis korban, dari mulai visum, pemeriksaan kondisi kehamilan hingga kondisi psikologisnya. Selain itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk upaya penegakkan hukum. “Kami telah menyiapkan tenaga medis dari mulai dokter, bidan dan psikolog yang akan mendampingi korban saat ditempatkan di rumah aman,” katanya.

Rahmat mengakui saat ini ada juga anak yang bernasib sama di rumah aman P2TP2A. Karena masih berstatus anak, selain pendampingan medis dan psikologis, P2TP2A juga akan berkoordinasi secara khusus dengan Dinas Pendidikan untuk memastikan para korban mendapatkan hak-haknya sebagai anak, salah satunya hak mendapatkan pendidikan.

“Kita pastikan akan melakukan pendampingan kepada korban hingga melahirkan dan pasca melahirkan, mencari solusi pendidikan korban bersama Dinas Pendidikan dan setelah itu bermusyawah dengan keluarga dan polisi terkait nasib jabang bayinya ke depan,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.