Berikan Perlindungan Konsumen, BPSK Harus Perbanyak Sosialisasi

24

BANDUNG – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) berperan penting dalam penyelesaian sengketa konsumen diluar pengadilan, serta melakukan pengawasan terhadap pencantuman Klausul Baku.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), Didi Sukardi mengatakan, saat ini telah ada 17 BPSK di wilayah Jabar.

Sebagai badan yang melindungi hak-hak konsumen, lanjut Didi, DPRD Jabar akan terus mendukung badan ini untuk terus memberikan perlindungan konsumen.

“Kendala saat ini adalah keterbatasan anggaran sehingga tidak ada anggaran untuk sosialisasi, oleh karena itu kita akan mendorong agar BPSK semakin dekat dan dikenal oleh konsumen,” ujar Didi disela kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Jabar ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tasikmalaya, Kamis (14/3).

Didi menambahkan setiap tahun angka pengaduan konsumen ke BPSK Kota Tasikmalaya ini terus meningkat.

“Problemnya belum seluruh konsumen di Jabar yang jumlahnya jutaan orang mengetahui keberadaan lembaga ini sehingga tidak melakukan pengaduan ketika mereka dirugikan,” tegas Didi.

Didi berharap kedepan BPSK bisa berperan optimal dalam memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban konsumen serta pelaku usaha, sehingga menjadikan konsumen yang cerdas dan mandiri. (dg)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.