Berpotensi Dibanjiri Produk China

2

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo melihat dampak perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China, akan berpeluang besar membuat pasar Indonesia dibanjiri dengan produk-produk asal kedua negara tersebut.

Berdasarkan data Kemendag, China dan AS berkontribusi besar dalam total perdagangan dunia dengan masing-masing pangsa 11,7 persen dan 11,3 persen. Dengan kebijakan AS merestriksi perdagangan terhadap China berdampak negatif terhadap ekspor Negeri Tirai Bambu itu. Akibatnya, sejumlah negara termasuk Indonesia mendapat dampak tidak langsung.

“Produk yang dihasilkan China dan AS akan mencari pasar ke negara lain. Indonesia salah satunya. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan di dalam negeri.” ujar Imam di Kantornya, Jakarta, Selasa (18/9).

Untuk mengantisipasi banjirnya produk AS dan China ke Indonesia, masyarakat harus diminta meningkatkan kecintaannya terhadap produk dalam negeri. Sebab, jika hal itu tidak dilakukan maka produk-produk AS dan China akan menguasai pasar Indonesia dan mematikan pelaku usaha di dalam negeri. Perang dagang Amerika Serikat-China ini dinilai bakal memberikan pukulan besar bagi industri dalam negeri. (ds/fin)

loading...