Berprestasi di Tengah Pandemi, SMPN 3 Kota Tasik Sukses Raih 5 Medal

57
0
PENGHARGAAN. Siswa XI SMPN 3 Kota Tasikmalaya Fikri Fauzan (kanan) didampingi Kepala SMPN 3 Kota Tasikmalaya Budi Rosakaryana SPd MMPd menunjukkan medali dan sertifikat Merdeka Science Competition (MSC) bidang IPS SMP tingkat nasional dari tim Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Kamis (1/10). ISTIMEWA

TASIK – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi siswa berprestasi meski saat ini melaksanakan belajar dari rumah (BDR). Salah satu siswa kelas XI SMPN 3 Kota Tasikmalaya memberikan prestasi di perlombaan dengan daring. Mulai tingkat Priangan Timur hingga nasional.

Siswa XI SMPN 3 Kota Tasikmalaya Fikri Fauzan Rahman mengajak pelajar jangan takut untuk membuktikan diri sejauh mana keberhasilan membuahkan prestasi di tengah pandemi.
”Saya membuktikan diri belajar dari rumah itu mampu mengikuti lomba lewat daring. Ternyata bisa juga mengumpulkan lima penghargaan dari tingkat Priangan Timur sampai nasional,” kata dia kepada Radar, Selasa (6/10).

Ia pun merinci prestasi yang diperolehnya selama pandemi. Diantaranya, medali emas di Merdeka Science Competition (MSC) bidang IPS SMP tingkat Nasional dari tim Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI).

Lalu membawa medali perunggu atau juara harapan ketiga pada bidang IPS SMP tingkat nasional pada Olimpiade Update Science, Social and Language Competition 2020.

Kemudian, mendapatkan medali perak peringkat ke-38 dari total 1173 peserta untuk tingkat nasional di lomba online bidang IPS jenjang SMA/SMK/MA/sederajat dan lainnya serta juara 1 SMP Cerdas Tangkas Anak Tasik tingkat Priangan Timur.

“Buat teman-teman semua, kita harus bisa memanfaatkan setiap kondisi menjadi peluang supaya terus semakin berprestasi. Oleh karena itu di rumah bukan berarti diam tapi harus produktif,” ujarnya.

Dengan mengikuti lomba akademik, sambungnya, maka ia terus melakukan belajar menambah ilmu pengetahuan.

“Itulah caranya dalam mengikuti lomba agar bisa belajar dan berusaha untuk berubah harus lebih baik. Selanjutnya memiliki percaya diri yang harus sama besar, sama kuat, dan terus semangat,” kata dia.

Guru Pendamping Perlombaan Akademik Sri Sugiarti SPd mengajak semua siswa jangan berhenti untuk mengembangkan diri di tengah pandemi Covid-19. Dia pun meminta Fikri Fauzan Rahman amanah dan berbagi apa sudah yang diperoleh,
sehingga bisa meningkatkan prestasinya dalam rangka menghadapi persaingan ke depannya.

“Salah satu bimbingan saya (Fikri Fauzan Rahman, Red) dalam keadaan pandemi Covid-19 harus mengikuti event-event olimpiade online. Salah satunya dari POSI dan bersyukur bisa mendapatkan medali emas,” ujarnya.

Artinya saat siswa sering mengikuti event-event, maka siswa tersebut memiliki rasa percaya diri. Dia mampu mengukur kemam­puan penguasaan materi dan membaca peta kekuatan teman-teman lomba.

“Langkah itulah sebagai persiapan dalam mempersiapkan siswa agar matang untuk mengikuti kompetisi KSN online,” kata dia. “Bagi sudah mendapatkan prestasi semoga bisa memberikan motivasi bagi adik-adik kelasnya. Walaupun di masa Covid-19 masih bisa membahagiakan sekolah,” ujarnya.

Kepala SMPN 3 Kota Tasikmalaya Budi Rosakaryana SPd MMPd berharap siswanya mampu meningkatkan prestasi di tengah Covid-19. Karena bagi yang mendapatkan juara ini seperti Fikri Fauzan Rahman merupakan cerminan bagi siswa lainnya.

“Saya bangga kepada siswa yang berprestasi baik akademik atau non akademik. Walau keadaan apapun bisa mampu mencari peluang juara dan mau terus belajar,” kata dia. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.