Bersih Narkoba, Begini Sinergitas BNNK Ciamis dengan Instansi Lain

43

CIAMIS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui Seksi Rehabilitasi menggelar Rapat Koordinasi tingkat Kabupaten Ciamis dengan beberapa dinas terkait Tentang Program Rehabilitasi Komponen Masyarakat, Instansi Pemerintah dan Pasca Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aisyah Meeting Room The Priangan Hotel Ciamis, Rabu (27/2/19), diikuti 15 orang peserta perwakilan dari Satres Narkoba Polres Ciamis, Kejaksaan Negeri Ciamis, Pengadilan Negeri Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Lapas Kelas II B Ciamis, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas P2KBP3A, Kesbangpol Kabupaten Ciamis, RSUD Ciamis, Bidang Kesra Setda Kabupaten Ciamis, Inabah II Putri, Inabah XXIV, dan Yayasan Ar-Rahmaniyyah.

Menurut Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis, Aris Nuryana, S.Sos, sekaligus ketua pelaksana kegiatan, kegiatan dilaksanakan guna meningkatkan sinergitas implementasi kebijakan antar instansi dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), khususnya dalam pelayanan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba.

“Tujuannya untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar instansi pemerintah dan komponen masyarakat dalam upaya P4GN. Sekaligus menyampaikan informasi mengenai layanan rehabilitasi dan pasca rehabilitasi penyalahguna narkoba kepada instansi terkait di wilayah Kabupaten Ciamis,” tutur Aris.

Sementara, Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pemerintah saat ini telah menetapkan Indonesia sebagai Darurat Narkoba, dimana terjadi peningkatan kasus-kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia secara signifikan.

“Untuk itu perlu dilakukan upaya dari seluruh pihak dan segenap elemen masyarakat baik Instansi pemerintah maupun swasta untuk membantu pemerintah dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui program dan peranserta masing-masing yang dilandasi oleh satu pemahaman bahwa permasalahan narkoba merupakan tanggungjawab kita bersama,” ujarnya.

Dalam rangka mendukung program bersinar 2019, lanjut dia, BNNK Ciamis bersinergi dengan semua pihak, tak hanya aparat melainkan dengan semua kompenen masyarakat dan instansi pemerintah.

“Srategi yang akan dilaksanankan yaitu mengembangkan akses layanan rehabilitasi korban penyalahguna dan penyalahgunaan narkoba yang terintegrasi, berkelanjutan serta mengoptimalkan peran instansi lembaga terkait baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat,” tandasnya.

Yaya berharap dari program Bersinar yang digencarkan saat ini, masyarakat bisa hidup sehat tanpa narkoba, masyarakat sejahtera dan produktif, masyarakat berani untuk melaporkan kepada petugas jika terdapat penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika di wilayahnya.

“Masyarakat juga secara sadar mau menyerahkan keluarganya yang kecanduan narkotika dan prekursor narkotika untuk direhabilitasi. Sehinggga terjalin sinergitas tiga pilar plus puskesmas terdekat dalam wilayahnya untuk tetap menjaga kondusifitas,” pungkas Yaya. (rls/man)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.