Bersihkan Lingkungan, Wujudkan Kota Resik

26
PEDULI. Anggota Sapala dan alumni SMA Negeri 4 Tasikmalaya menanam pohon sebagai gerakan peduli lingkungan, Sabtu (13/4).

TASIK – Satuan Pencinta Alam (Sapala) SMA Negeri 4 Tasikmalaya menggelorakan gerakan bersih lingkungan dan tanam pohon. Itu dilakukan untuk terwujudnya kota resik.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Tasikmalaya, Dra Elin Yuliani MPd mengatakan gerakan ini dalam rangka menanamkan peran siswa untuk kecintaannya terhadap lingkungan. “Melalui Sapala SMA Negeri 4 Tasikmalaya, siswa terus dididik dalam kepekaan terhadap penjagaan lingkungan,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (13/4).

Lanjut dia, gerakan bersihkan lingkungan dan tanam pohon ini bukan hanya program Sapala semata, namun lebih kepada membentuk karakter peserta didik yang bisa mencintai lingkungan. Dengan demikian, Kota Tasikmalaya bisa menjadi kota resik ketika generasi mudanya sudah mencintai lingkungan.

“Siswa ditekankan ketika melihat sampah langsung dipungut untuk dibuang pada tempatnya. Kebersihan harus dilaksanakan oleh siswa, karena kebersihan milik kita bersama,” katanya.

Tempat yang sama, Ketua Ekstrakurikuler Sapala SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya, Farid Faja menuturkan gerakan go clean dan go green merupakan agenda rutin yang selalu diselenggarakan sekolah. “Gerakan ini kita awali di lingkungan sekolah dulu, kemudian ke lingkungan masyarakat seperti Jalan Letkol RE Djaelani sampai perempatan Jalan Situ Gede,” ungkapnya.

Tambah dia, pihaknya juga melakukan penanaman pohon di beberapa ruas jalan yang banyak dijadikan tempat pembuangan sementara sampah liar. Dengan harapan warga akan merasa segan untuk membuang sampah di lokasi tersebut.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga membagikan brosur yang menjelaskan tentang pengertian sampah. Termasuk dampak bahayanya sampah terhadap lingkungan, kesehatan, ekonomi dan sosial. “Membersihkan sampah di Jalan Letkol RE Djaelani kurang lebih satu kilometer. Karena di jalan tersebut banyak sampah yang dibuang sembarangan,” katanya. (rls/mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.