Bertahun-tahun Mangkrak, SOr Mangunreja Tasik Kembali Dibangun

1244
0
TIDAK TERURUS. Kondisi Sor Mangunreja yang belum selesai terlihat tidak terurus dengan baik. Tahun ini, rencananya Pemprov Jabar akan mengucurkan anggaran Rp 20 miliar untuk pembangunan lanjutan. DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

Stadion Mangunreja akan kembali dilanjutkan pembangunannya tahun ini. Hal itu setelah Pemprov Jabar akan menggelontorkan anggaran Rp 20 miliar kepada Pemkab Tasikmalaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPU-TRPP) Kabupaten Tasikmalaya Drs Yusep Yustisiawandana MM mengatakan, tahun ini informasinya pembangunan Stadion Mangunreja akan kembali dilanjutkan. Pasalnya, pemerintah daerah mendapatkan kucuran anggaran Rp 20 miliar dari Pemprov Jabar.

Baca juga : 2 Ruang Kelas SDN Cigorowong Cisayong Tasik Rusak Ditimpa Pohon

“Rencananya anggaran tersebut akan digunakan untuk kelanjutan pembangunan Sarana Olahraga (Sor) Mangunreja seperti penyempurnaan tribun timur yang sudah dibangun sebelumnya. Kemudian toilet dan ruang ganti pemain serta fasilitas penunjang lainnya,” ujarnya kepada Radar, Senin (3/2).

Kata dia, untuk kepastiannya memang belum final. Karena harus menunggu dulu turunnya Peraturan Gubernur (Pergub) terkait penetapan APBD Provinsi Jawa Barat. “Mudah-mudahan itu fix, sehingga pembangunan bisa dilanjutkan,” ujarnya.

Menurut Yusep, usulan anggaran untuk kelanjutan pembangunan Sor Mangunreja sebesar Rp 120 miliar yang sebelumnya sudah diusulkan di 2019 ke Pemerintah Provinsi Jabar. “Setelah kita lihat, angka usulan yang masuk di draf banprov atau APBD provinsi nilai yang muncul Rp 20 miliar, tetapi belum fix, masih bentuk draf, mudah-mudahan bisa ditetapkan di APBD provinsi,” harapnya.

Menurut Yusep, kebutuhan keseluruhan untuk penyelesaian Sor Mangunreja estimasinya membutuhkan Rp 120 miliar. Jumlah tersebut dihitung dengan harga dan perekonomian tahun ini. “Adapun untuk yang sudah selesai dibangun saat ini seperti lapangan, rumput, jogging track dan tribun timur. Sementara untuk tribun barat belum dibangun,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKB H Oleh Soleh SH mengaku menyayangkan belum selesainya pembangunan sarana olahraga di Kabupaten Tasikmalaya yang berlarut-larut. Padahal fasilitas olahraga tersebut sangat diharapkan sekali oleh masyarakat. “Menyayangkan atas kurang perhatiannya Pemkab Tasik terhadap komitmen untuk menyediakan sarana olahraga yang representatif bagi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya,” kata Oleh.

Baca juga : Dinas-Dinas Pemkot Tasik Wajib Isi Materi Videotron di Taman Kota

Kata dia, sarana olahraga ini bisa menjadi penunjang peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), khususnya pada bidang kesehatan. Karena dengan olahraga masyarakat Kabupaten Tasikmalaya bisa sehat dan kuat fisiknya. “Sementara kesehatan tidak melulu di rumah sakit. Karena akan lebih baik menjaga dari pada mengobati,” katanya.

“Kalau memang kabupaten ada kemauan untuk menyelesaikan pembangunan Sor Mangunreja, ya buatlah usulan baik ke provinsi atau pusat. Bukankah setiap tahun ada musrenbang di tingkat kabupaten,” katanya.

Oleh mengaku akan memperjuangkan alokasi anggaran untuk pembangunan lanjutan Sor Mangunreja. Namun, itu pun apabila ada usulan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya kepada Pemprov Jabar. “Kami akan sangat mendorong untuk penyelesaian Sor Mangunreja. Mudah-mudahan juga tahun ini bisa masuk anggaran pembangunan lanjutannya,” katanya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.