Bertaruh Nyawa Cari Madu Odeng di Sodong Tasik, Bagus untuk Jaga Stamina saat Wabah Corona

1435
0

TASIKMALAYA  – Mencari sekaligus mendapatkan madu lebah liar yang namanya akrab disebut Odeng, janganlah pernah menganggap hal yang mudah.

Betapa tidak, sarang madu lebah Odeng ini hanya tumbuh di kawasan hutan yang jauh dari pemukiman warga dan lokasinya pun jarang terjamah manusia.

Selain itu, untuk mendapatkan madu Odeng perlu keahlian khusus. Sebab, jika lebah hutan liar ini merasa terganggu, akan menyerang si pengganggu itu.

Beberapa informasi akurat menyatakan, akibat diserang madu Odeng banyak warga yang luka parah hingga meregang nyawa.

Seperti yang dilakukan Ujang Dudu (66) bersama muridnya Usud (38), keduanya warga Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasik.

Dengan menempuh medan yang terjal berjarak hingga puluhan kilo didalam hutan, mereka mencari sarang lebah Odeng.

Pencarian di kawasan Gunung Pasir Angin Desa Cikalong Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, dilakukan Sabtu (25/4) mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00.

Ujang mengaku, dirinya mencari lebah hutan yang disebut Odeng dilakukan sejak tahun 1969. Dan kini sudah mempunyai murid, Usud.

Perlu dipahami, bahwa lebah hutan sangat berbeda dengan lebah yang bisa dipelihara, atau yanh dalam bahasa Sunda namanya Nyiruan (lebah kecil).

“Lebah Odeng tak bisa dibudidayakan, dimana hidupnya di hutan-hutan pegunungan terjal dan jauh dari pemukiman. Jaraknya hingga berkilo-kilo. Bahkan suka bersarang di pohon-pohon ukuran besar,” urainya.

“Saya bersama anak bua, bila hendak mencari lebah itu tak sembarangan, selalu berdoa memanjatkan doa kelancaran kepada Allah SWT agar selalu berhasil,” sambungnya.

Yang paling penting, lanjut Ujang, doa itu sangat penting, agar dijauhkan dari gangguan penghuni pohon atau jin yang mendiami pohon tersebut.

Selain itu, agar diselamatkan saat memanjat pohon berukuran besar, karena cukup sulit, serta resikonya bertaruh nyawa.

“Apalagi jika sampai lebah itu mati satu ekor saja bisa patal ujungnya. Yakni ribuan ekor lainnya akan menyerang dengan sengatan yang mematikan manusia,” ujar pria yang terkenal dengan panggilan Ujang Odeng.

“Kami bersyukur, saya bersama anak buah selama mengambil madu Odeng tidak sampai disengat banyak, paling hanya beberapa ekor, kalau lagi mulus ya tidak sama sekali disengat lebah,” tambahnya.

Ujang Odeng yang sudah terkenal namanya di Sodonghilir ini mengungkapkan, disengat lebah odeng itu sakit luar biasa, kadang-kadang sampai tak bisa bisa tidur. Bahkan menyebabkan kematian.

Selain disengat lebah, resiko lainnya adalah terjatuh dari pohon. Ujang mengaku pernah terjatuh dari pohon hingga tangan dan kaki patah.

“Namun karena sudah propesi , serta untuk dijual, makanya terus ditekuni sampai sekarang,” jelasnya.

Pihaknya perlu sampaikan bahwa, lebah hutan ini menghasilkan madu yang sudah tercatat dalam AL-Quran.

Asalkan madunya benar-benar asli seratus persen tidak dicampur. “Saya selalu mempertahankan keasliannya. Karena untuk obat,. Apalagi di bulan puasa, dan saat wabah Corona, bisa menambah daya tahan tubuh,” tandasnya.

Terkadang, kata Ujang, dari satu sarang jika lagi bagus dan banyak madunya hanya 16 botol.

Dalam setahun, lebah Odeng hanya dua menghasilkan madu. Dan terbanyak, biasanya pada bulan 11 dan 12 (November dan Desembar).

“Di hari-hari biasa juga ada, tetapi tak akan sebanyak pada bulan tersebut. Paling dapat hanya dua botol juga jurang. Makanya kalau ada jual madu murah itu patut dipertanyakan,” terangnya.

“Karena harga perbotol besar, saya biasa menjual Rp 400 ribu. Karena asli, bahkan belum dijual kemana-mana juga kalau madu asli banyak diburu, pesan dari luar negeri juga suka ada salah satunya dari Malaysia,” paparnya.

Ujang menegaskan, bahwa madu asli itu pasti mahal dan tidak akan dijual murah. Sebab perjuangan mengambilnya sangatlah berat.

Berikut video pencarian sarang madu lebah Odeng :

Sekadar promo: Jika memang memghendaki madunya yang dijamin asli silahkan hubungi ke 085223237243  atau ke 081323372211.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.