bertekad Akhiri Kutukan

6

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Genderang perang Piala AFF 2018 bakal segera ditabuh mulai 8 November mendatang. Tahun ini, saat yang tepat bagi Timnas Indonesia mengakhiri kutukan pada kompetisi tersebut.

Skuad Garuda menghadapi persaingan yang ketat di Grup B. Selain Filipina, mereka akan bertarung menghadapi juara bertahan Thailand. Kemudian Singapura dan Timor Leste.

Tentu untuk lolos dari fase grup akan cukup berat bagi pasukan asuhan Bima Sakti. Tapi, bisa jadi saat ini merupakan momentum tepat mengakhiri kutukan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia tak pernah juara pada ajang ini. Merah Putih memegang status runner-up terbanyak, yakni lima kali. Teranyar pada 2016 lalu setelah kalah dari Thailand di final.

Indonesia sendiri memulai pertarungannya melawan Singapura, 9 November mendatang dalam laga tandang. Empat hari kemudian atau pada 13 November, Indonesia menjadi tuan rumah melawan Timor Leste.

Untuk itu skuad Garuda terus mengasah kemampuan pada latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (3/11). Proses transisi dari menyerang ke bertahan jadi materi latihan utama. Latihan itu diikuti 23 pemain dan sudah dihadiri oleh Andik Vermansah yang notabene baru bergabung.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto menyebut saat ini tim pelatih fokus pada transisi pemain untuk mematangkan persiapan menghadapi Singapura pada laga pertama penyisihan Grup B, Jumat (9/11) mendatang.

“Hari ini kami ada materi tentang transisi dari menyerang ke bertahan karena memang dari pengamatan pertandingan terakhir, itu yang perlu dibenahi. Sesi latihan ini sebenarnya menjadi sambungan dari yang kemarin,” kata Kurniawan usai latihan.

Pelatih asal Magelang ini juga mengungkapkan bahwa kondisi Stefano Lilipaly sudah mulai membaik. Ia pun yakin pemain asal Bali United itu akan sembuh dalam waktu cepat. “Lilipaly semakin membaik. Dia juga tadi sempat mengikuti sesi latihan. Namun, kami tetap menyarankan dia untuk lebih banyak beristirahat karena takutnya mengalami trauma cedera. Mungkin dalam satu sampai dua hari ini, Lilipaly juga bisa ikut latihan seperti yang lain. Target kami agar Lilipaly bisa siap tempur dalam pertandingan melawan Singapura nanti,” jelas Kurniawan.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia yang baru bergabung Andik Vermansah mengaku sama sekali tak ciut menghadapi persaingan di Piala AFF 2018. Meskipun Filipina kini diasuh Sven-Goran Eriksson, Indonesia menurutnya punya semangat tinggi. “Kami tidak takut. Kami juga punya pemain muda yang semangatnya tinggi,” ungkap Andik.

Selain itu, Andik juga yakin akan tangan dingin Bima Sakti. Terlebih yang diterapkan Bima tak jauh berbeda dengan Luis Milla. “Harus diingat, kami punya suporter yang sangat luar biasa. Apalagi melawan Filipina kami main di kandang,” tandas eks pemain Persebaya tersebut. (kim/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.