Berterima Kasih Melalui 6.880 Jajanan Gratis

41
0
ANTRE MENDAPATKAN MAKANAN. Masyarakat menukarkan kupon untuk mendapatkan jajanan gratis di Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-377, Rabu (12/6). Foto kiri, Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya membagikan kupon makanan gratis kepada masyarakat. foto-foto: IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis menyediakan 6.880 porsi jajanan gratis. Aneka makanan dari 141 pedagang kaki lima itu diperuntukkan warga Ciamis yang hadir dalam peringatan Hari Jadi Ciamis ke-377 Rabu (12/6).

Rabu siang, usai Rapat Paripurna Hari Jadi Ciamis ke-377, Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya membuka kegiatan menyantap aneka makanan gratis di belakang gedung DPRD Ciamis.

Penyediaan ribuan porsi makanan gratis itu bagian dari rasa terima kasih Pemkab Ciamis kepada warganya. Makan bersama tersebut juga sebagai bentuk kebersamaan antara Pemkab Ciamis dengan masyarakat. Bupati mengajak masyarakat bersama-sama membangun Ciamis agar lebih maju dalam berbagai bidang. “Serta bisa terus terlaksana mengadakan kegiatan jajaran gratis seperti sekarang,” jelasnya.

Kepala Seksi Distribusi Barang dan Perlindungan Konsumen Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis Dini Kusliani menjelaskan penyediaan 6.880 porsi jajanan gratis itu juga upaya memberdayakan para PKL sebagai binaan dari Dinas Perdagangan.

“Kami bersyukur dengan diadakan jajanan gratis yang dilaksanakan tiap tahun di Hari Jadi Ciamis ke-377 tahun, sangat luar biasa animo masyarakat yang ikut dalam acara ini,” ujar Dini.

Ribuan porsi makanan gratis itu adalah makanan yang sering dijual di Ciamis. Diantaranya, getuk, pisang aroma, cakue, molen, bubur sumsum, sorabi manis, cimol, kolek, rakicak, batagor dan berbagai minuman lainnya.

Jumlah penyedia aneka makanan gratis itu, kata Dini, sama dengan tahun lalu, yaitu 141 PKL. “Mudah-mudahan tahun depan bisa banyak PKL yang akan pihaknya libatkan,” ujarnya.

Loading...

Tahun ini, kata dia, masyarakat yang mengonsumsi makanan gratis lebih tertib ketimbang tahun lalu. Hal itu tak lepas dari pemberlakuan kupon. Sebelum mendapatkan makanan, masyarakat terlebih dulu menerima kupon.

“Meskipun mereka harus menunggu lama serta berdesak-desakan, tentunya masyarakat rela antre untuk mendapatkan sekitar lima jenis aneka jajanan,” ujarnya.

Pembagian makanan gratis kepada warga Ciamis, kata Dini, bagian dari membagi kebahagiaan antara Pemkab dengan masyarakat.

“Upaya kami terus mengadakan acara ini (penyediaan makanan gratis, Red) setiap momen hari jadi juga sebagai bentuk perhatian pemerintah Ciamis untuk memberdayakan para PKL di Kabupaten Ciamis, serta berbagi dengan masyarakat supaya bisa ikut merasakan kebahagiaan di hari jadi Ciamis, “ terangnya.

Tati Hartati (34), pedagang sorabi manis sangat bersyukur bisa terlibat dalam acara jajanan gratis yang diselenggarakan pemerintah. Dia menyediakan 40 porsi makanan dan habis.

“Saya berterimakasih kepada Pemerintah Ciamis melibatkan lagi acara jajanan gratis semoga ekonomi Ciamis semakin baik serta maju terus dipimpin oleh Bupati yang baru sekarang,” ujarnya.

Mumun (35), masyarakat yang ikut mengantre jajanan gratis mengaku setiap tahun ikut menyerbu jajanan gratis. Kalau dulu, kata dia, warga berebut makanan gratis, sekarang justru lebih tertib karena menggunakan kupon. “Paling hanya berdesakan dan nunggu dari jam 08.00 hingga jam 11. 00 di belakang Gedung DPRD. Namun semuanya juga akhirnya kebagian juga, karena pakai kupon. Jadi saya rasa lebih tertib yang sekarang,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.