Besok, Karantina Wilayah Kota Tasik Diganti Jadi Pembatasan Orang Masuk

24340
12

KOTA TASIK – Rencana Pemkot Tasik mengambil keputusan Karantina Wilayah mulai hari Selasa 31 Maret 2020, akhirnya dibatalkan. Tapi melakukan Pembatasan Orang masuk ke wilayah berjuluk Kota Resik ini.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman yang juga Ketua Tim Crisis Center Kota Tasik.

“Jadi perlu kami luruskan dulu. Ini bukan Karantina Wilayah tapi lebih kepada pembatasan orang masuk ke wilayah Kota Tasik,” terangnya.

“Sehingga kami dari Satuan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 kita susah memutuskan dalam rangka rencana aksi kita. Dalam artian kita ingin meminimalisir penyebaran virus yang menjadi wabah semua,” sambungnya.

Salah satu kebijakan ini adalah bagaimana meminimalisir orang masuk ke wilayah Kota Tasik.

Pembatasan tersebut salah satunya karena Kota Tasik jadi pusat perekonomian di Priangan Timur.

Loading...

“Termasuk juga yang sudah kita keluarkan kebijakan adalah stop operasi daripada kendaraan-kendaraan umum yang masuk ke kita. Baik darat, PT KAI dan penerbangan,” bebernya.

PT KAI, menurut dia, tadi sudah konfirm tak ada kereta yang berhenti di Kota Tasik dan penerbangan pun sudah berhenti.

Kebijakan ini tidak berlaku untuk angkutan barang dan logistik.

“Di posko-posko perbatasan wilayah kita siapkan di 9 titik. Nanti kita akan hentikan kendaraan. Lalu mengukur suhu tubuh dan kesehatan warga yang mau masuk ke Kota Tasik,” tambahnya.

Kemudian, nanti tim Satgas Gugus akan menggunakan alat termoscanner.

Jika kondisinya dilihat dari alat itu lebih dari 38 derajat, tim yang terdiri TNI, Kepolisian dan Dinkes serta BPBD juga relawan akan mencatat apabila data orang tersebut.

“Orang masuk dengan kondisi kurang sehat akan dilanjutkan ke fasilitas kesehatan,” ujarnya.

“Rencana kita tetap besok Selasa tanggal 31 dimulainya. Berlaku selama 30 hari kedepan. Masyarakat sudah memahami. Tapi kita sampaikan semua ke publik mulai dari maklumat Kapolri bersama-sama kami pemerintah dan semua aparat relawan, RT, serta RW menyosialisasikan hal ini,” jelasnya.

Tukas dia, ini memang solusi yang sudah harus segera dilakukan Pemkot.

Karena Pemkot kemampuannya terbatas sekali di pelayanan kesehatan.

“Kalau kita berbicara kondisi saat ini, ruang isolasi saja yang paling maksimal ada 24 ruangan bisa kita layani,” tukasnya.

Kemudian, pungkas dia, Alat Pelindung Diri (APD) juga masih terbatas. Hingga hari ini hanya ada 71 APD.

Padahal kebutuhan se-Kota Tasik dalam 1 bulan itu tak kurang dari 2.000 APD.

“Makanya kita berharap dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi kaitan APD. Termasuk juga obat-obatan. Karena menyangkut daripada kemampuan daripada pelayanan medis kita semua,” pungkasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

12 KOMENTAR

  1. Apapun bentuk aksinya semoga ALLAH SWT Meridhai dan memberikan hijab wabah tersebut kpd kita semua..dan menjadikan Tasikmalaya lebih maju,makmur dan juga sehat lahir bathin…Aamiin..

  2. Pemerintah hanya bisa merangkai kata, karna dia tau kalau di berlakukan status karantina wilayah kena undangĀ², yang isinya kbutuhan rakyat dari kesehatan sampai pangan sehari harinya harus di tanggung pemerintah, dan dia gak mau ngeluarin duit buat rakyatnya padahal itu duit negara, apalagi duit sendiri, sementara dia di pilih oleh rakyat dapat di prcanya untuk melindunginya, tpi kesannya semua orang pemerintahan menyelamatkan diri masingĀ², “bodo amat loh rakyat mau mati ke mau kelaparan ke emang gue pikirin” ,….

  3. Hidup jadi lieur.ulah asal ngaluarkeun aturan bari teu di bere solusina.kumaha neangan duit ge hese.kamo bari di batasi mah.sok kasih solusi nu bener.nu teu ngalieurkeun masyarakat.

  4. Apakah dana benca masih ada di pos keuangan daerah, pada kas daerah, ?

    Karena dana bencana yang parkir di kas daerah ini jarang digunakan sehingga yang saya tau nilainya cukup.besar, saya rasa bisa digunakn untuk antisipasi covid-19 dg mengeluarkan perbup/perwakot.
    dana bencana ini, sering di sebut dana abadi…
    Coba di cek wahai kepala daerah, saya hanya mengingatkan ,takut gak kedeteksi keberadaan dana abadi ini, atau lupa tidak digunakan .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.