Berlangsung Selama Ramadan, Di Tujuh Kecamatan

BI Gelar Pasar Murah

258
0
Loading...

TASIK – Memenuhi kebutuhan bahan pokok selama Ramadan, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya menggelar Pasar Murah Rakyat 2018 di tujuh kecamatan di Kota Tasikmalaya. Tersedia berbagai bahan pokok dengan harga miring.

Manager Unit Pengembangan Ekonomi BI Tasikmalaya Yusi Yuliana mengatakan salah satu fenomena yang terjadi di Kota Tasikmalaya adalah fluktuasi harga kebutuhan pokok pada saat menjelang Ramadan dan menjelang Idul Fitri sebagai akibat dari tingginya permintaan, sehingga seringkali didapati harga-harga kebutuhan pokok meningkat.

“Makanya diperlukan suatu pasar murah untuk pengendalian harga di saat tingginya permintaan dan gejolak harga,” ujar Yusi kepada Radar, Minggu (13/5).

Pasar Murah Rakyat akan dimulai di Kecamatan Indihiang tepatnya di Lapangan Kecamatan Indihiang pada 15 dan 16 Mei 2018. Kemudian di Kecamatan Cibeureum tepatnya di Lapang Karang Sambung 18 hingga 19 Mei 2018.

“Untuk di Kecamatan Cihideung dilaksanakan di Lapangan Dadaha dengan sasaran warga Kecamatan Cihideung dan Kecamatan Tawang. Dilaksanakan 21 dan 22 Mei 2018,” ujarnya.

loading...

Kemudian di Kecamatan Purbaratu tepatnya di Halaman Kantor Kecamatan Purbaratu pada 23 dan 24 Mei 2018. Kecamatan Cipedes tepatnya di Lapangan Cigeureung pada 30 dan 31 Mei 2018. “Untuk Kecamatan Mangkubumi dilaksanakan di Lapangan Kantor Kecamatan Mangkubumi dengan sasaran warga Kecamatan Mungkubumi dan Kecamatan Bungursari pada 4 dan 5 Juni 2018,” katanya.

Pasar Murah ditutup di Kecamatan Kawalu tepatnya di Lapang Sindangwangi dengan sasaran warga Kecamatan Kawalu dan Tamansari, akan dilaksanakan pada 6 dan 7 Juni 2018. “Pelaksanaan Pasar Murah ini dimulai pukul 14.30 hingga 17.30,” ujarnya.

Instansi yang terlibat dalam kegiatan Pasar Murah ini yakni Pemerintah Kota Tasikmalaya, Bulog, Pertamina dan Kadin. Adapun retail yang berpartisipasi yakni Plaza Asia, Yogya Depstore, Lottemart dan Indomaret. Begitupun klaster hortikultura BI yang ikut membuka stan di Pasar Murah tersebut.

Lanjutnya, produk atau komoditas yang disediakan yakni beras, gula, daging sapi, minyak goreng, telur, tepung terigu, gas LPG 3 kg, cabai dan sayuran.

“Harapannya dengan adanya Pasar Murah Rakyat ini masyarakat terbantu dan mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah,” ujarnya. Lebih jauh Yusi berharap, harga kebutuhan pokok di pasaran stabil karena adanya pasar penyeimbang.

Yusi menambahkan di Pasar Murah Rakyat juga BI akan membuka loket penukaran uang. Masyarkat bisa menukarkan uang lusuh, uang koin maupun menukarkan uang dengan pecahan tertentu. (na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.