50 Mahasiswa Terima Beasiswa Genbi

BI Mencetak Generasi Unggul

27
Istimewa PENGUKUHAN. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji, Rektor Unsil Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MS foto bersama penerima beasiswa Genbi usai pengukuhan Senin (15/4).

TASIK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tasikmalaya melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama beasiswa dengan Universitas Siliwangi (Unsil) di Bale Priangan Kantor BI Tasikmalaya Jalan Sutisna Senjaya Kota Tasikmalaya Senin (15/4).

Acara tersebut sekaligus pengukuhan 50 penerima beasiswa BI tahun 2019. Program ini bagian dari peran Bank Indonesia dalam membangun masa depan dan karakter generasi bangsa.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tasikmalaya Heru Saptaji menyatakan, penandatanganan program beasiswa ini untuk melanjutkan dan memperkuat kerja sama yang telah dijalin sejak tahun 2016. “Jumlah mahasiswa yang diberikan beasiswa bertambah yang sebelumnya hanya 40 orang kini menjadi 50 orang,” katanya.

Nominal beasiswanya pun meningkat, awalnya Rp 750 ribu setiap bulan selama satu tahun, kini menjadi Rp 1 juta perbulan. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari BI ini sudah melalui tahap seleksi.

“Dari 87 peserta seleksi, terpilih 50 mahasiswa untuk menjadi penerima beasiswa BI. Mereka adalah anak-anak yang terpilih,” ungkap Heru.

Tambah dia, penerima beasiswa tersebut kemudian disebut Generasi Baru Indonesia (Genbi). Mereka akan diberikan pendampingan. Bahkan diikutsertakan pada beberapa program-program strategis yang dilaksanakan oleh BI. Di antaranya klaster kopi, padi, telur, bordir dan lainnya.

Selain dapat beasiswa, mahasiswa tersebut mendapat capacity building berupa tambahan wawasan, pengembangan diri, life skill, belajar kepemimpinan dan peluang-peluang ekonomi di masa datang.

“Diharapkan mahasiswa ini mampu mengaktualisasikan diri dan berkontribusi untuk masyarakat dan lingkungan,” kata dia.

Ia menambahkan, program beasiswa BI ini memiliki misi untuk membangun masa depan bangsa. Khususnya membangun karakter bangsa yang baik dalam bidang ekonomi.

“Kita cetak dulu generasi yang unggul. Mahasiswa ini ke depannya jadi pemimpin, pengusaha, pebisnis dan lain-lain. Mereka yang akan memegang kendali ekonomi bangsa, mudah-mudahan ekonomi kita ke depannya akan lebih baik,” tambahnya.

Rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MS menyambut baik program beasiswa Genbi, terlebih kini jumlah penerima dan nominalnya lebih banyak. “Beasiswa tersebut sangat membantu mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahannya,” katanya.

Tambah dia, untuk menerima beasiswa tersebut tidak sembarangan karena mereka adalah mahasiswa pilihan yang direkomendasikan oleh kampus. “Sesuai dengan maksud tujuan BI memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang betul-betul qualified. Di masa depan mereka diharapkan menjadi pemimpin bangsa,” ungkap dia.

Rudi menjelaskan, selama ini alumni Genbi telah banyak yang terjun di masyarakat dengan berbagai profesi. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.